STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA PT TIMUR JAYA PANEL

David Tanu Santoso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Meningkatnya pertumbuhan industri furniture di Indonesia juga turut meningkatkan pertumbuhan distributor bahan baku furniture di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan lingkungan internal dan eksternal pada PT Timur Jaya Panel, analisis SWOT, dan strategi pengembangan bisnis pada PT Timur Jaya Panel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Peneliti menetapkan narasumber dengan menggunakan teknik snowball sampling. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, dapat dirumuskan strategi pengembangan pada PT Timur Jaya Panel, strategi yang sesuai dengan kondisi PT Timur Jaya Panel ialah menggunakan strategi best-cost provider dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan untuk mengembangkan usahanya. Perusahaan tetap menjaga kualitas produk dengan menetapkan harga yang kompetitif dibandingkan pesaing. Alternatif strategi lainnya yang sesuai dengan kondisi perusahaan adalah strategi penetrasi pasar, dimana perusahaan melakukan upaya pemasaran lebih besar.

Keywords


fungsi bisnis, strategi pengembangan bisnis, analisis SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.