INOVASI PROSES BISNIS PADA PUJASERA NDOKEE DI SURABAYA

Teresa Alexandra Lenggono Tedjowidjojo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengembangan proses bisnis suatu pujasera sangatlah penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pujasera lainnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses bisnis yang telah terjadi menggunakan perspektif BMC dan VRIO, juga menginovasi proses bisnis tersebut agar dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data yang didapat dari wawancara semi terstruktur. Teknik pemilihan narasumber menggunakan purposive sampling dan uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan perspektif business model canvas (BMC) dan VRIO untuk menganalisis proses bisnisnya. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu proses bisnis pada Pujasera Ndokee bukan hanya menyewakan tempat tetapi proses bisnis pada pujasera umumnya dan perlu dilakukan inovasi proses pada proses pencarian tenant, perekrutan tenant, penarikan customer dan inovasi terbesar harus dilakukan pada proses operasional agar dapat menciptakan keunggulan kompetitif.

Keywords


Inovasi proses bisnis, proses bisnis, business model canvas, VRIO.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.