FORMULASI STRATEGI BERSAING PADA PT. PULAU EMAS CEMERLANG SAMARINDA

Fansisca Zagita Gunawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi bersaing bertujuan untuk menemukan posisi perusahaan dalam industri sehingga perusahaan dapat melindungi dirinya terhadap kekuatan tekanan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bersaing yang tepat untuk PT. Pulau Emas Cemerlang sehingga perusahaan dapat melindungi diri dari tekanan persaingan dan unggul dalam menghadapi kompetitor di pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan menggu-nakan purposive sampling untuk pemilihan informan. Dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa lingkungan internal melalui fungsi bisnis dan menganalisa lingkungan eksternal dengan lima kekuatan Porter dan faktor PEST. Selain itu juga dilakukan analisis rantai pemasok dengan menggunakan Supply Chain Management. Kemudian dilakukan analisis SWOT serta dimatrikskan sehingga menghasilkan beberapa alternatif strategi yang bisa diimplementasikan untuk PT. Pulau Emas Cemerlang. Hasil dari penelitian ini adalah strategi bersaing yang tepat untuk diimplementasikan oleh perusahaan adalah strategi intensif dan strategi diversifikasi. Dengan strategi alternatif tersebut perusahaan dapat mencapai tujuan jangka panjang yang diinginkan serta mampu menghadapi tekanan persaingan yang ada.


Keywords


Strategi bersaing, Analisis Lingkungan Internal, Analisis Lingkungan Eksternal, Supply Chain Management

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.