PENERAPAN ETIKA BISNIS TERHADAP STAKEHOLDERS PADA CV LARIS JAYA

Michael Lulyanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku etika bisnis perusahaan terhadap stakeholdersnya karena dalam menjalankan proses bisnis setiap perusahaan akan selalu berhubungan dengan stakeholdersnya, karenanya etika bisnis penting bagi perusahaan sehingga perusahaan dapat terus melanjutkan proses bisnisnya. Begitupun CV Laris Jaya sebagai perusahaan distributor yang bergerak dalam distribusi keramik memiliki stakeholder, diantaranya: pemerintah, pemasok, konsumen atau pelanggan, lingkungan dan masyarakat sekitar, dan pesaing. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, kemudian akan diuji dengan triangulasi sumber. Setelah data dikumpulkan dan diproses, ditemukan bahwa perusahaan menganut etika deontologi sebagai filosofi etika bisnis, di mana terhadap pemerintah perusahaan sudah taat dengan peraturan pemerintah, terhadap pemasok perusahaan tidak pernah melanggar perjanjian, terhadap konsumen perusahaan selalu mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen, terhadap masyarakat sekitar perusahaan memberikan sumbangsihnya dan tidak ada dampak buruk terhadap lingkungan sekitar, dan dalam bersaing perusahaan bersaing dengan baik dan benar. Perusahaan belum memiliki kode etik sehingga peneliti akan membantu mengusulkan kode etik yang dibuat oleh peneliti


Keywords


Etika bisnis, deontologi, kode etik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.