PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI TAHU PADA PERUSAHAAN KELUARGA UD.PABRIK TAHU SAUDARA DI SURABAYA
Keywords:
Pasar Tradisional. TerminalAbstract
Tujuan dari pada penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan usaha, menganalisis situasi dan kondisi internal dan eksternal, melakukan analisis SWOT, dan merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha produksi tahu pada perusahaan keluarga UD.Pabrik Tahu Saudara di Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara. UD.Pabrik Tahu Saudara merupakan perusahaan keluarga dengan bidang usaha mengolah kacang kedelai menjadi tahu. UD.Pabrik Tahu Saudara memiliki 4 fungsi bisnis, yaitu marketing, accounting/finance, production/operation, dan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan pasar akan produk tahu melebihi kapasitas yang dapat disediakan perusahaan, pasar potensial masih sangat besar sebagai peluang perusahaan, namun industri ini menghadapi tantangan berupa ketidakstabilan bahan bahan baku sehingga seharusnya perusahaan meningkatkan kapasitas untuk dapat memenuhi permintaan pasar dengan strategi cost leadership, differentiation, dan backward integration.