FORMULASI STRATEGI BERSAING PADA PT. MACANANJAYA CEMERLANG

Zita Nabilla Deandra Prasetyo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formulasi strategi yang tepat untuk PT. Macananjaya Cemerlang dalam menghadapi persaingan di industri percetakan. Kondisi lingkungan internal perusahaan akan dianalisa menggunakan pendekatan Resource Based View dan kondisi lingkungan eksternal perusahaan akan dianalisa menggunakan Porter’s Five Forces yang kemudian melalui matrix SWOT didapatkan susunan strategi alternatif bagi perusahaan.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data yang terdiri dari data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan dengan penentuan informan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh, strategi bersaing yang cocok diterapkan bagi PT. Macananjaya Cemerlang dalam menghadapi persaingan di industri percetakan adalah strategi penetrasi pasar yang didukung oleh marketing mix dan fokus pendekatan dengan meningkatkan jumlah pelanggan perusahaan. Upaya yang dilakukan perusahaan yaitu dengan mempertahankan pelanggan lama maupun mencari pelanggan baru dengan cara perbaikan produk dan pelayanan, menjaga loyalitas pelanggan, dan penambahan nilai produk yang diberikan



Keywords


Formulasi strategi, SWOT, Strategi bersaing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.