ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. ALAM JAYA DI SURABAYA

Evelyn Yunita(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnis memerlukan strategi yang mampu menempatkan perusahaan pada posisi yang terbaik, mampu bersaing serta terus berkembang dengan mengoptimalkan semua potensi sumber daya yang dimiliki. Dalam merumuskan strategi bersaing, perusahaan perlu memahami kondisi internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi bersaing yang sesuai digunakan oleh PT. Alam Jaya di Surabaya dalam menghadapi persaingan di bisnis ekspor-impor ikan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualtatif. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi, sedangkan penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah template analysis. Hasil penelitian menunjukkan strategi bersaing yang sesuai digunakan oleh PT. Alam Jaya dalam menghadapi persaingan di bisnis ekspor-impor ikan adalah diferensiasi dengan menggunakan manfaat yang lebih tinggi pada produk seperti memproduksi makanan yang berasal dari olahan ikan. Selain itu, dapat menggunakan strategi intensif dengan penetrasi pasar. Strategi penetrasi pasar adalah strategi yang mengusahakan peningkatan pasangsa pasar untuk produk atau jasa yang di pasar saat ini melalui upaya-upaya pemasaran yang lebih besar. Salah satu caranya dengan pelipatgandaan upaya-upaya pemasaran dilakukan perusahaan dengan meningkatkan kegiatan ekspor dengan memperluas promosi melalui kerjasama dengan retail-retail mancanegara yang belum menjadi mitra perusahaan.

Keywords


Strategi Bersaing, Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.