STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS USAHA JASA PADA SALON MEGAH DI SIDOARJO

Lilyana Tandy(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak Salon Megah merupakan usaha salon yang sudah berdiri cukup lama, yakni sekitar 10 tahun. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengelolaan usaha Salon Megah, mendeskripsikan kondisi internal dan eksternal usaha Salon Megah, merumuskan strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan pada Salon Megah. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara semi terstruktur. Teknik yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik snowball sampling. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa pengelolaan usaha Salon Megah cukup baik, dan kelemahan yang dimiliki oleh Salon Megah yaitu kurangnya usaha pemasaran, jumlah sumber daya manusia yang kurang efektif, dan kurangnya kompetensi sumber daya manusia. Strategi alternatif untuk pengembangan bagi Salon Megah merupakan combination strategy (strategi kombinasi), dimana peneliti menganjurkan strategi penetrasi pasar untuk mengatasi masalah atau kekurangan pada aspek pemasaran, dan menganjurkan beberapa strategi alternatif untuk mengatasi masalah atau kekurangan pada aspek sumber daya manusia.   

Keywords


Lingkungan internal, lingkungan eksternal, analisis SWOT, pengelolaan usaha, strategi alternatif.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abor, Joshua & Quartey, Peter. Issues in SME Development in Ghana and South Africa. International Research Journal of Finance and Economics. Retrieved September, 18, 2014.

Basuki, Sulistyo. 2006. Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra. Jakarta

Coulter, Mary. 2005. Strategic Management in Action (3 ͭ ͪ ed). Pearson Prentice Hall. New Jersey

Daft, Richard L. & Marcic, Dorothy. 2008. Understanding Management (6 ͭ ͪ ed). Cengange Learning.

David, Fred R. 2009. Strategic Management:Concept and Cases (c). Pearson Prentice Hall. USA

Hadinoto, Soetanto. 2007. Micro Credit Challenge : Cara Efektif Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan di Indonesia. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Hubeis, Musa. 2009. Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator Bisnis. Ghalia Indonesia. Bogor.

Jiang, Linjie & Li, Xuedong. 2010. “Discussion on the Improvement of the Internal Control in SMEs”. International Journal of Business and Management Vol. 5, No. 9. Retrieved September, 28, 2014. www.e- journal.org

Mullins, John W. 2005. Marketing management: a strategic, decision-making approach. McGraw Hill. USA

Noruzi, Mohammad Rezadan & Irani, Farhad N. H. A. Strategy, Strategic Planning, Marketing : What are the Implications of Strategic Thinking in Market Development. Contemporary Marketing Review Vol. 1(3) pp. 26 – 29, May, 2011. Retrieved September, 28, 2014. www.e-journal.org

Pearce, John A & Robinson, Richard B. 2005. Strategic Management:Formulation, Implementation, and Control (9 ͭ ͪ ed). McGraw Hill. New York

Plunkett, R. Warren & Attner, F. Raymond & Allen S. Gemmy. 2005. Management : Meeting and Exceeding Customers Expectations, 8e.USA

Robbins, Stephen & Coulter, Mary. 2007. Management. Pearson Prentice Publisher. USA.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Tokoh Indonesia. 2012. Rudy Hadisuwarno : Maestro Tata Rambut. Retrieved September, 3, 2014, from: http://www.tokohindonesia.com/biografi/ article/286- direktori/3481-maestro- tata-rambut

UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Retrieved September, 13, 2014 from http://bumn.go.id/data/ uploads/files/1/20.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.