PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDI DESKRIPTIF PADA RUMAH MAKAN PALEM ASRI SURABAYA)

Ay Ling(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan usaha, menganalisa lingkungan internal dan lingkungan eksternal, serta merencanakan pengembangan bisnis pada Rumah Makan Palem Asri.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara.Metode analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil analisa data, penulis menemukan bahwa pengelolaan lingkungan internal Rumah Makan Palem Asri sudah berjalan dengan baik dilihat dari aspek sumber daya manusia, aspek keuangan, dan aspek produksi dan operasional. Sedangkan dalam analisa lingkunagn eksternal menunjukkan bahwa Rumah Makan Palem Asri memiliki posisi bersaing yang lemah karena tidak memiliki diferensiasi produk. Strategi yang digunakan perusahaan adalah strategi pengembangan pasar (market development) yang diperoleh dari hasil analisa SWOT dan matriks strategi besar.


Keywords


pengelolaan usaha, lingkungan internal, lingkungan eksternal, SWOT, pengembangan produk, pengembangan bisnis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.