PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA DISTRIBUSI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN PADA CV. ABDI KRISNA DI KOTA SEMARANG

Maylinda Sucipto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha distribusi yang termasuk ke dalam kategori perdagangan besar jumlahnya sangat banyak karena distributor memegang peranan penting sebagai partner principal dalam menyalurkan produk principal kepada pedagang eceran atau agen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan usaha oleh CV. Abdi Krisna. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun CV. Abdi Krisna sudah menggunakan tenaga professional dalam mengelola usahanya tetapi pada fungsi keuangan dan sumber daya manusia belum fungsional. Lingkungan internal perusahaan ini masih belum ada departemen khusus yang menangani fungsi sumber daya manusia. Sementara lingkungan eksternalnya menghadapi ancaman yang timbul berasal dari kondisi persaingan usaha distribusi di kota Semarang yang tergolong kompetitif serta tingkat layanan produk pengganti yang lebih baik dari produk principal. Alternatif strategi yang perlu diprioritaskan adalah meningkatkan standar pelayanan pelanggan, meningkatkan negosiasi promosi dan penetapan standar minimum pendidikan bagi calon karyawan baru. Rencana pengembangan usaha distribusi yang diusulkan adalah meningkatkan loyalitas pelanggan dengan meningkatkan kualitas pelayanan.

Keywords


Pengelolaan, Pengembangan, Perusahaan Keluarga, Usaha distribusi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.