ANALISIS MINIMALISASI RISIKO REPUTASI PADA PT SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN ACTION CONTROL DAN RESULT CONTROL

Jery Christian Putra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Agen asuransi merupakan faktor penting yang menentukan kelangsunganĀ  hidup suatu perusahaan jasa keuangan. Pada perusahaan asuransi keterlibatan antara agen dengan pelanggan sangat tinggi, sehingga apabila agen asuransi tersebut berperilaku tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggan, maka perusahaan asuransi yang merupakan trustable institution akan kehilangan reputasinya di mata konsumen. Untuk itu, diperlukan adanya suatu sistem pengendalian manajemen yang baik dalam perusahaan supaya dapat memastikan bahwa karyawan perusahaan bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sistem pengendalian yang diterapkan yaitu action control dan result control. Action control mempengaruhi dan mendorong karyawan dengan melakukan pengendalian langsung atas pekerjaan yang dilakukan, sehingga mencegah kecurangan dan karyawan bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan, sedangkan result control akan mempengaruhi dan memotivasi karyawan dengan melihat hasil kinerja yang dicapai. Yang dibahas adalah bagaimana bentuk penerapan action control dan result control untuk minimalisasi risiko reputasi pada PT Sun Life Financial Indonesia kantor Kediri. Apabila permasalahan ini dibiarkan berlarut-larut maka akan runtuhlah kepercayaan nasabah terhadap perusahaan asuransi. Bentuk penerapan action control dan result control, diharapkan mampu minimalisasi risiko reputasi yang dihadapi oleh PT Sun Life Financial Indonesia kantor Kediri.

Keywords


Agen Asuransi, Action Control, Result Control, Minimalisasi, Risiko Reputasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.