STUDI DESKRIPTIF PERENCANAAN SUKSESI KEPEMIMPINAN PADA PERUSAHAAN KELUARGA DI BIDANG KONSTRUKSI DI SIDOARJO

Canice Gerry Hermawan Tjiang(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kontinuitas dalam kepemimpinan merupakan kelebihan dari perusahaan keluarga, sehingga akan menentukan keberlangsungan perusahaan. Dari hasil survei The Jakarta Consulting Group, perusahaan-perusahaan keluarga di Indonesia ternyata belum semuanya mempersiapkan penerus melalui perencanaan suksesi untuk memimpin perusahaan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan suksesi pada perusahaan keluarga dibidang konstruksi di Sidoarjo. Perencanaan suksesi didasarkan pada kesiapan penerus/pewaris, hubungan dengan anggota keluarga, perencanaan dan kegiatan pengendalian.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan panduan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian yang digunakan adalah dengan cara deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan perencanaan suksesi kepemimpinan pada subyek penelitian dimulai dari tahapan mempersiapkan generasi penerus. Penerus kepemimpinan pada subyek penelitian diharuskan menempuh pendidikan formal. Tingkat pendidikan formal yang harus ditempuh calon suksesor pada subyek penelitian adalah minimal S-1. Kesiapan menjadi calon suksesor dapat ditunjukkan dengan ikut serta dalam program-program pelatihan. Sejak menempuh jenjang pendidikan SMP dan SMA telah diwajibkan mengikuti kursus bahasa Inggris dan Mandarin. Untuk memperkenalkan calon suksesor dengan aktivitas operasional di perusahaan maka ketika masih kuliah, calon suksesor telah berpartisipasi dengan ikut membantu dalam mengurus perusahaan.


Keywords


Perencanaan suksesi, Kepemimpinan, Perusahaan Keluarga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.