ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MEREK LOKAL PADA MASYARAKAT SURABAYA

Marcellinus Evan Nathan Darmawan, Thomas Santoso

Abstract


Pada saat masuknya pandemi Covid-19 pada tahun 2020, terjadi lonjakan tren olahraga bersepeda khususnya sepeda merek lokal. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menentukan keputusan pembelian sepeda merek lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melakukan penyebaran angket kepada para responden berbentuk google form. Terdapat 105 responden yang mengisi angket google form. Data responden ini diolah dengan cara analisis faktor menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini ditemukan lima faktor-faktor baru yaitu pandangan pribadi tentang penggunaan bersepeda, kontribusi terhadap lingkungan, kebugaran jasmani, kepedulian terhadap persoalan lingkungan, fungsi sepeda.


Keywords


analisis faktor; faktor baru; kuantitatif; tren bersepeda

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.