PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP CONTINUED USAGE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA PELANGGAN ONLINE MARKETPLACE DI JAWA TIMUR

Yesika Mega Taruli(1*), Yonathan Palumian(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Online marketplace merupakan sebuah online shopping platform yang memudahkan penjual maupun pembeli untuk melakukan transaksi pembelian tanpa harus bertatap muka secara langsung. Kegiatan berbelanja akan meningkatkan kebiasaan serta perilaku pelanggan. Munculnya hedonic shopping value disebabkan oleh rasa emosional individu yang beranggapan bahwa berbelanja dapat membawa hiburan dan kepuasan pribadi tanpa memikirkan kegunaan barang tersebut. Pelanggan yang merasa puas akan cenderung melakukan kegiatan belanjanya secara terus menerus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung serta tidak langsung antara hedonic shopping value, continued usage intention dan customer satisfaction pada pelanggan online marketplace khususnya di Jawa Timur. Penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif ini melibatkan 126 responden dalam survei berbasis angket daring. Dengan teknik pengolahan PLS, penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic shopping value berpengaruh signifikan terhadap continued usage intention melalui customer satisfaction.

Keywords


Hedonic shopping value; continued usage intention; customer satisfaction; online marketplace

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.