PENGARUH SOCIAL ATRRACTIVENESS FOOD BLOGGER CECE KULINER TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KULINER DI SURABAYA MELALUI PARASOCIAL INTERACTION

Arya Sanjaya Dharmaputra, Wilma Laura Sahetapy

Abstract


Video ulasan produk yang beredar di masyarakat telah menjadi salah satu produk digital yang sudah dikenal luas di media sosial. Salah satu contoh dari fenomena ini adalah video ulasan produk kuliner yang dibawakan oleh food blogger. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh dari social attractiveness dan parasocial interaction terhadap purchase intention produk kuliner di kota Surabaya. Dengan menggunakan metode purposive sampling, 122 follower akun Instagram CeceKuliner telah berpartisipasi dalam survey berbasis angket daring. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ekplanatori ini menggunakan partial least square dan memberikan temuan bahwa social attractiveness berpengaruh signifikan terhadap parasocial interaction dan parasocial interaction berpengaruh signifikan terhadap minat beli para audiens CeceKuliner untuk membeli produk kuliner yang diulasnya.


Keywords


Social attractiveness; para-social interaction; purchase intention; food blogger

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.