ANALISA FAKTOR-FAKTOR EKSTERNAL SEBAGAI DETERMINAN CORPORATE ENTREPRENEURSHIP PADA PERUSAHAAN KELUARGA

Herman Paulus Kairupan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat corporate entrepreneurship, mendeskripsikan kondisi lingkungan eksternal, dan mengetahui pengaruh lingkungan eksternal perusahaan terhadap corporate entrepreneurship. Responden yang digunakan adalah staf perusahaan yang mempunyai posisi sebagai manajer atau supervisor di perusahaan keluarga, dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  responden memiliki persepsi netral terhadap dua dimensi dari variabel lingkungan eksernal, yakni dynamism dan hostility. Lebih lanjut, responden setuju bahwa lingkungan yang dihadapi perusahaan adalah heterogen. Berdasarkan dimensi-dimensi corporate entrepreneurship, yaitu strategic renewal, sustained regeneration, domain redefinition, organizational rejuvenation, dan business model reconstruction, diketahui bahwa perusahaan yang diteliti telah menjalankan corporate entrepreneurship. Hasil studi juga menunjukkan bahwa lingkungan eksternal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap corporate entrepreneurship.


Keywords


Lingkungan Eksternal, Corporate Entrepreneurship, Perusahaan Keluarga.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.