SUCCESSION PLAN DENGAN FAMILY OWNED ENTERPRISE (FOE) PADA PERUSAHAAN PERTAMBAKAN

michael michael putra bani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


       Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang pertambakan.Seperti yang kita ketahui di dalam perusahaan keluarga dibutuhkan perencanaan suksesi untuk meneruskan perusahaan tersebut. Di sini perusahaan ini memiliki masalah dalam proses perencanaan suksesi. Yaitu calon suksesor belum menguasai lapangan.Owner memakai sistem FOE. Di dalam proses perencanaan suksesi sendiri menggunakan pernyataan dari Ward (2004) yang memakai prinsip Five insightand the Four P’s.

      Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik sample menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Hasil analisa data di dapat dengan menggunakan triangulasi sumber untuk mengelola data yang diperoleh, kemudian dengan hasil wawancara pada sumber lain dan ditarik kesimpulan apakah keduanya memiliki hubungan atau tidak.

      Dari hasil penelitian dengan menggunakan Five insight and the four P’s, PT Ndaru Laut di dalam perencanaan suksesi secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik.Ada masalah yang terjadi di dalam menghargai perubahan dan penanganan isu.Sistem FOE dapat berjalan baik dan dapat mengatasi masalah pada perusahaan yang mengalami krisis suksesor.


Keywords


Succession Plan, Family owned enterprise (FOE)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.