PENGARUH KEPUASAN AKAN GAJI, TARGET PENJUALAN TERHADAP VOLUNTARY TURNOVER KARYAWAN KING KOIL, SURABAYA DENGAN USIA SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

Christian Pranata Soejanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sumber daya manusia pada saat ini merupakan sebuah faktor yang penting dalam setiap usaha. Meskipun jaman sekarang sudah tercipta banyak alat-alat yang canggih untuk membantu proses kerja, faktor sumber daya manusia tetap tidak boleh hilang. Setiap sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan merupakan aset perusahaan yang harus dipelihara dan dipertahankan. Perusahaan akan mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja yang baik guna menunjang proses usaha. Dalam mempertahankannya, perusahaan memberikan gaji sebagai ganti jasa atas apa yang telah dilakukan oleh karyawan. Perusahaan juga mengharapkan karyawannya untuk memiliki standar kerja yang tinggi pula. Oleh karena itu, perusahaan juga menetapkan sebuah target penjualan pada karyawannya. Karyawan yang merasa puas akan gaji dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan akan memiliki niat untuk bertahan pada perusahaan. Perbedaan usia karyawan juga dinilai ikut memiliki pengaruh terhadap minat karyawan untuk tetap bekerja pada perusahaan itu atau tidak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan akan gaji, target penjualan, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap voluntary turnover karyawan. Usia memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap voluntary turnover. Usia memperlemah namun tidak signifikan pada hubungan antara kepuasan akan gaji terhadap voluntary turnover karyawan. Usia memperkuat namun tidak signifikan pada hubungan antara kepuasan akan target penjualan terhadap voluntary turnover karyawan. Kepuasan akan gaji, target penjualan, dan usia secara bersama-sama berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap voluntary turnover.


Keywords


Kepuasan akan Gaji, Target Penjualan, Voluntary Turnover, Usia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.