ANALISIS DESKRIPTIF DESAIN ORGANISASI PADA PT. ANAK GUNUNGMASINDO DI SIDOARJO

Erna Tanoko(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan desain organisasi Star Model untuk mendukung pencapaian visi dan misi organisasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan tema desain organisasi Star Model, dari Star Model, yang akan menjelaskan antara Strategy, Structure, People, Process, and Reward dimana kelima model ini saling berhubungan untuk mempengaruhi perilaku setiap anggota perusahaan dan diteruskan dalam kinerja dan budaya dalamperusahaan. Obyek penelitian adalah PT. AnakGunungmasindo sebagai perusahaan keluarga yang belum sepenuhnya menerapkan manajemen modern.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan memilih tiga informan dari pihak perusahaan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memiliki visi dan misi yang menjadi acuan dalam menjalankan operasional perusahaan. Terdapat tugas dan tanggung jawab setiap bagian dalam organisasi. Tidak semua karyawan memahami orientasi perusahaan, aturan dalam pekerjaan merupakan role dalam organisasi untuk memastikan bahwa karyawan telah bekerja sesuai dengan seharusnya. Setiap perubahan mengarah pada perbaikan yang perlu dilakukan serta masih terdapat kesenjangan kapabilitas karyawan.


Keywords


Desain Organisasi , Star Model, Strategy, Stucture, Process, Reward, People

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.