PENERAPAN SUCCESSION PLAN PADA PERUSAHAAN DI BIDANG INDUSTRI FARMASI

Kevin Febtryawan Halim(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian mengenai penerapan Succession Plan dengan menitikberatkan pada proses pemilihan suksesor, persiapan suksesor dan melihat apakah ada dan jika ada, bagaimana pengaruh Konfusianisme dalam proses suksesi tersebut.

Peneliti mengumpulkan data dengan metode wawancara dan observasi. Peneliti memastikan keabsahan data dengan metode trianggulasi sumber dan member check. Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, ditemukan bahwa penerapan succession plan dari sisi pemilihan dan persiapan suksesor telah berjalan dengan cukup baik. Kendala yang dihadapi perusahaan adalah banyaknya calon suksesor dan belum adanya kebutuhan akan suksesor sehingga perusahaan berasumsi belum perlu memiliki succession plan. Selain itu, ditemukan pula pengaruh Konfusianisme dalam proses suksesi yang berdampak pada rendahnya penolakan/hambatan terhadap proses suksesi itu sendiri.

Rekomendasi penulis kepada perusahaan adalah agar ke depan, perusahaan tetap merencanakan succession plan, meskipun kini perusahaan belum memiliki kebutuhan akan suksesor. Suksesi yang telah direncanakan tidak selalu menunjukkan bahwa perusahaan akan melakukan suksesi saat itu juga, namun rencana suksesi membuat perusahaan siap apabila terjadi situasi yang mengharuskan perusahaan melakukan pergantian jajaran manajemen puncak secara mendadak.


Keywords


Succession Plan, family business, Konfusianisme

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.