ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TOKO CELLULAR SERVICE DI ATAMBUA

Inggrid Roswita Lae(1*),


(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan usaha yang tepat untuk diterapkan oleh Toko Cellular Service di Atambua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang diawali dengan analisis lingkungan internal dan eksternal usaha. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth interviews). Penentuan narasumber menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing yang tepat bagi Toko Cellular Service adalah strategi SO dengan membuka cabang baru yang memiliki peluang, bekerja sama dengan e-commerce dan mencari distributor yang memiliki potensial untuk suplai produk baru. Strategi ST, mengajukan tambahan pinjaman untuk memenuhi dan mengoptimalkan pelayanan karyawan dan pelatihan khusus guna meningkatkan inovasi dan kreatifitas. Strategi WO yaitu dengan menjajaki kerjasama dengan distributor Samsung dan Iphone serta melakukan kerjasama dengan perusahaan leasing untuk menambah layanan kredit. Strategi WT adalah dengan meningkatkan kualitas penawaran dengan menambahkan bonus pembelian, mengatur sistem dan merekrut karyawan yang kompetibel untuk posisi yang dibutuhkan.


Keywords


Strategi Pengembangan, Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.