EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MEDIA BOOKLET “ANAK ALAMI” SEBAGAI MEDIA PENYAMPAI PESAN GENTLE BIRTHING SERVICE

Cindy Melinda Hapsari(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemilihan media komunikasi menentukan efektivitas komunikasi pesan yang  akan disampaikan kepada khalayak. Yayasan Bumi Sehat sebagai organisasi nirlaba di Ubud Bali yang memiliki program Gentle Birthing Service  menggunakan Booklet “Anak Alami” sebagai media komunikasi. Booklet Anak Alami memberikan informasi mengenai kesehatan, khususnya mengenai kehamilan dan anak.  Booklet diberikan secara gratis kepada  ibu yang melakukan konsultasi kehamilan di Yayasan Bumi Sehat. Booklet dibagikan untuk memberikan pemahaman kepada  ibu mengenai metode merawat anak dengan cara alami. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif.  Data diperoleh dengan cara melakukan survei ke 100 responden perempuan. Efektivitas komunikasi media booklet Anak Alami sebagai media penyampai pesan Gentle Birthing Service dilihat dari enam kriteria, yaitu penerima, isi pesan, ketepatan waktu, media komunikasi, format, dan sumber pesan. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 74% dari 100 responden menyatakan bahwa booklet Anak Alami memiliki efektivitas komunikasi.

Keywords


Efektivitas Komunikasi, Booklet Anak Alami, Pesan, Organisasi Nirlaba.

Full Text:

PDF

References


“Angka Kematian Ibu-anak di Bali Meningkat”. (2013, February 20). Antara News Bali. Retrieved May 2, 2013, from http://bali.antaranews.com/berita/34742/angka-kematian-ibu-anak-di-bali-meningkat

BPS. (1999). Penyempurnaan metodologi penghitungan penduduk miskin dan profil kemiskinan. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

“Dampak Psikologis dari Intervensi dalam Persalinan”. (2011). Bidan Kita. Retrieved February 7, 2012, from: http://www.bidankita.com/joomla-license/all-about-childbirth/397-dampak-psikologis-dari-intervensi-dalam-persalinan

Ewles, L., dan Simnett I., (1994). Promosi kesehatan petunjuk praktis (2nd ed.). Yogyakarta: UGM Press.

Hardjana, Andre. (2000). Audit komunikasi: Teori dan praktek. Jakarta: Grasindo

Hyer, N Randall., & Covello, T Vincent. (2005). Effective media communication during public health emergencies. New York City: World Health Organization.

“Indonesia Gagal Turunkan Angka Kematian Ibu”. (2012). Metrotvnews.com Retrieved February 28, 2012, from http://metrotvnews.com/read/news/2012/01/31/80411/Indonesia-Gagal-Turunkan-Angka-Kematian-Ibu/11

Kemm, J., & Close, A. (1995) Health promotion theory and practice. Houndmills: Macmillan Press LTD.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba ada serba makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Liliweri, A. (2011). Komunikasi kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

“'Mother Robin' wins CNN Hero of the Year”. (2011, December 27). CNN. Retrieved March 3, 2012, from http://edition.cnn.com/2011/12/11/living/cnn-heroes/index.html

Mudjiono. (1989). Strategi belajar mengajar. Malang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Rasmuson, M., R., E, Seidel, W. A. Smith, dan E. Mills Booth. (1988). Communication for child survival. Washington, D. C: HealthCom USAID

Ruslan, Rosady. (2003). Metode penelitian public relations dan komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sendjaja, S. D. (2008). Pengantar ilmu komunikasi. (3rd ed.). Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. (1995). Metode penelitian survei. Cetakan Kedua. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Suleman, A.H. (1998). Media audio visual: Untuk pengajaran, penerangan dan penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI