Kepuasan Pendengar terhadap Program Sonora News di Radio Sonora Surabaya

Eunike Laura Christina(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Teori Uses and Gratification merupakan teori yang mengasumsikan bahwa pengguna mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya. Teori ini menekankan pada khalayak yang aktif menentukan pilihan atas media massa yang dipilihnya. Radio Sonora Surabaya merupakan subjek penelitian yang dipilih peneliti. Hal ini dikarenakan adanya perubahan target usia pendengar yang dilakukannya. Sebelum tahun 2012, target pendengarnya adalah 15-50 tahun dan di tahun 2012 ini target pendengar menjadi 20-34 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pendengar terhadap program berita yang disebut Sonora News di Radio Sonora Surabaya setelah perubahan target usia pendengar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survei. Pengukuran kepuasan dilakukan dengan membandingkan nilai mean antara gratification sought dengan gratification obtained. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang paling terpuaskan adalah motif kebiasaan/ritualistic nature. Motif yang terpuaskan lainnya adalah informasi/berita dan pengawasan. Sedangkan motif yang tidak terpuaskan adalah pengalihan.

 


Keywords


Uses and Gratification, Kepuasan Pendengar, Radio

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2006. Metodologi penelitian kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan public serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Effendy, Onong Uchjana, M.A. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Albarran, Alan B. What happened to our audience? Radio and new technology uses and gratifications among young adult users. Retrieved from April 2, 2012 from http://unt.academia.edu/AlanAlbarran/Papers/594107/_What_Happened_to_our_Audience_Radio_and_New_Technology_Uses_and_Gratifications_among_Young_Adult_Users

Larsen, Bent Steeg. Radio as ritual : an approach to everyday use of radio. Retrieved from October 10, 2012 from Radio As Ritual An Approach to Everyday Use of Radio - Nordicom

Severin, Werner J dan Tankard, James W. 2005. Teori komunikasi: sejarah, metode, dan terapan di dalam media massa. Edisi kelima, Jakarta: Prenada Media.

Severin, Werner J dan Tankard, James W. 2009. Teori Komunikasi : Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta : Kencana.

PRSSNI. 2011. Profil radio PRSSNI Jawa Timur 2011.

Puspowarsito. 2008. Metode penelitian organisasi dengan aplikasi program SPSS. Bandung: Humoniora.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI