SIKAP ANAK–ANAK ANGGOTA KLUB SEPAK BOLA PENGCAB SURABAYA TERHADAP PESAN RIO FERDINAND DI DALAM IKLAN ROKOK GUDANG GARAM INTERSPORT

Stefy Dealmas(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini, merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana sikap anak–anak anggota klub sepak bola Pengcab Surabaya terhadap pesan yang diucapkan oleh Rio Ferdinand di dalam iklan rokok Gudang Garam Intersport. Apakah mereka tertarik untuk merokok atau tidak setelah melihat pesan Rio Ferdinand di dalam iklan rokok tersebut. Dalam penelitiannya peneliti menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey dalam melakukan analisis serta melakukan teknik pembagian kusioner dan wawancara dalam memperoleh data terhadap informan yang telah dipilih. Komponen sikap terdiri dari afektif,kognitif dan konatif. Dalam penelitian ditemukan bahwa pesan iklan adalah suka dan tidak suka terhadap elemen dalam iklan. Seperti, hanya suka terhadap sosok objek di dalam iklan yaitu Rio Ferdinand tetapi tidak suka terhadap produk iklan rokok tersebut.

Keywords


Sikap, Pesan iklan di dalam Iklan

Full Text:

PDF

References


Arianti, D. Wakili produsen rokok, rio ferdinand dikritik. Retrived June 17, 2012 from http://www.goal.com/id-ID/news/1108/sepakbola-inggris/2012/06/17/3179306/wakili-produsen-rokok-rio-ferdinand-dikritik.

Bungin, B. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta : Kencana.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : PT citra aditya bakti.

¬Hurlock, E. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta : Erlangga

Khasali, R. (1992), Manajemen periklanan, konsep dan aplikasinya di

indonesia. Jakarta : Penerbit pustaka utama grafiti.

Kasiram, M. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Malang: UIN malang press

Mahoney, J. (2010). Strategic communication and anti-smoking campaigns. Australia: University of canberra.

Mahtani, S. Heboh iklan rokok rio ferdinand. Retrived June 25, 2012 from http://realtime.wsj.com/indonesia/2012/06/25/heboh-iklan-rokok-rio-ferdinand/

Monks & Siti, H. R. (2006). Psikologi perkembangan : Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gajah mada university press.

¬Morissan, M.A. (2012). Metode penelitian survei. Jakarta : Kencana.

Harnowo, P. A. 86 Persen orang indonesia sadar bahaya rokok bagi kesehatan. Retrived September 11, 2012 from http//www.86-Persen-Orang-Indonesia-Sadar-Bahaya-Rokok-bagi-Kesehatan. Html.

Rakhmat, J. (2009). Metodologi penelitian komunikasi. Bandung: PT remaja rosdakarya.

Severin, W., dan T. (2009). Teori Komunikasi : Sejarah, metode dan terapan di dalam media massa.Jakarta : Kencana.

SES. Komnas perlindungan anak: Ferdinand minta maaf. Retrived June 19, 2012 from http://www.beritasatu.com/inggris/55022-komnas-perlindungan-anak-ferdinand-minta-maaf.html.

Syam, Dr. Ari F. 1 dari 3 orang indonesia merokok. Retrived May 31, 2012 from http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/05/31/1-dari-3-orang-indonesia-merokok-467151.html.

Prabowo, D., S. Rio ferdinand minta maaf jadi bintang iklan rokok indonesia. Retrived June 19, 2012 from http://www.tribunnews.com/2012/06/19/rio-ferdinand-minta-maaf-jadi-bintang-iklan-rokok-indonesia.

Simamora, B. (2004). Reset pemasaran: Falsafah, teori, dan aplikasi. Jakarta: PT gramedia pustaka utama.

Well, W ; Burnett, J ; Moriarty, S. Advertising pinciple and practice. (3th ed). Prentice hall, 1997.

Widyatama, R. (2008). Pengantar periklanan. Yogyakarta : Pustaka book publisher.

Youtube. TVC gudang garam intersport-rio ferdinand-Injury-30 Sec. Retrived November 12, 2011 from http://www.youtube.com/watch?v=DxIdNhpgzH8.

Youtube. Super soccer: Italian playground. Retrived May 1, 2012 from http://www.youtube.com/watch?v=S5SgfEXl-cg.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI