PENCITRAAN PARTAI DEMOKRAT DI HARIAN KOMPAS DAN JAWA POS DALAM PEMBERITAAN PEMERIKSAAN ANAS URBANINGRUM OLEH KOMISI PEMBERANTAS KORUPSI (KPK)

Fransiska Aprilia(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Partai Demokrat dicitrakan oleh Harian Kompas dan Jawa Pos dalam pemberitaan di media terkait pemeriksaan Anas Urbaningrum oleh KPK. Citra sebagai bagian penting dari sebuah organisasi bisa dilihat dari bagaimana media mengkonstruksikannya di dalam pemberitaan media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode framing Robert Entman. Media sebagai sumber informasi menghasilkan pencitraan terhadap suatu organisasi yang kemudian disajikan kepada pembacanya dan membentuk pencitraan pembaca terhadap organisasi yang diberitakannya. Oleh karena itu, dengan menggunakan analisis framing, peneliti ingin meneliti proses pembentukan suatu berita dan ideologi yang mempengaruhi pembentukan berita tersebut, dimana hal ini menimbulkan pencitraan tertentu yang ditampilkan oleh media massa dalam penyajian beritanya, yang berkaitan dengan ideologi media tersebut. Hasil dari penelitian ini dalam pemberitaan Kompas, Partai Demokrat terkait pemeriksaan Anas Urbaningrum oleh KPK dicitrakan sebagai partai yang tidak bersih, dan tertutup sedangkan pada Harian Jawa Pos Partai Demokrat dicitrakan memiliki solidaritas yang tinggi dan bersifat terbuka.

Keywords


Pencitraan, Partai Demokrat, Harian Kompas, Harian Jawa Pos, Framing.

Full Text:

PDF

References


Alie, Marzuki.(2013). Pemasaran Politik di Era Multipartai. Jakarta: PT Mizan

Eriyanto. (2002). Analisis Framing. Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara.

Firmanzah. (2007). Mengelola Partai Politik: Komunikasi dan positioning ideologi politik di era demokrasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hallahan, Kirk. (1999). Seven Models of Framing: Implication for Public Relations. USA: Colorado State University.

Jefkins, Frank. (2004). Public Relations 5th ed. Jakarta: Erlangga.

Wasesa, Silih A, & MacNamara, .Jim. (2010). Strategi Public Relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI