EFEKTIVITAS PESAN IKLAN TELKOMSEL “KARTU AS WOW GRATIS 100X LIPAT” TERHADAP CUSTOMER TELKOMSEL DI SURABAYA

Robby Soetikno(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesan Iklan merupakan sarana komunikasi massa yang dapat menimbulkan efek komunikasi. Salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, yaitu Telkomsel lewat produknya kartu AS mengirimkan pesan iklan melalui televisi untuk bersaing merebut pasar konsumen maka menuntut iklan harus efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Iklan yang efektif adalah iklan yang memiliki dampak. Efektivitas pesan iklan televisi dapat diukur dengan Direct Rating Method atau Metode Penentuan Peringkat Langsung. Tujuannya adalah untuk mengukur tingkat attention, readthrougness, cognitive, affective dan behavior. Semakin tinggi peringkat yang diperoleh berarti iklan tersebut makin efektif dan hasilnya iklan tersebut efektif.

Keywords


Iklan Televisi, Efektivitas Iklan, Direct Rating Method

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. Maret 20, 2013, from http://sp2010.bps.go.id/index.php/site?id=35&wilayah=Jawa-Timur

Belch, G.E., & Belch, A. (2004). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Bovee, C.L. (1995). Advertising excellence. United States of America: Mcgraw-Hill, Inc.

Durianto, D., Sugiarto, W., Wachidin, A., & Supratikno, H. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (1994). Marketing management: analysis, planning, implementation and control. New Jersey: A Paramount Communications Company.

Lane, R.W., Russel, J.T. (2000). Advertising: a framework (1st ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Lane, R.W., Russel, J.T. 2000. Advertising: a framework (1st ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Mulyana, D. (2000). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Muchlis (Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmat, J. (2001). Metode penelitian komunikasi (7th ed.). Tjun Surjaman (Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shimp, T.A. (2003). Periklanan dan promosi dan aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Wells, W., Burnett, J., & Moriarty, S. (1989). Advertising: principle and practice (1st ed.). New Jersey: Prentice Hall. (1997). Advertising: principle and practice (3rd ed.). New Jersey: Prentice Hall. (2006). Advertising: principle and practice (7th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI