SIKAP MASYARAKAT SURABAYA MENGENAI IKLAN DANCOW VERSI ‘DOKTER KECIL’ DI TELEVISI
Keywords:
Perancangan, Buku, Tato yang Artistik dan HigenisAbstract
Iklan Dancow versi “Dokter Kecil” berisikan pesan tentang memberikan perhatian dan perbaikan gizi anak melalui kegiatan dokter kecil mahir gizi. Iklan Dancow versi “Dokter Kecil” sesuai dengan Misi Nestle Indonesia untuk turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat, memfokuskan diri untuk senantiasa memberikan informasi dan pendidikan bagi konsumen, serta berusaha untuk selalu menjalankan tanggung jawab kepada masyarakat dan menciptakan manfaat. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap masyarakat Surabaya mengenai pesan iklan Dancow Versi “Dokter Kecil” di televisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Surabaya, sampel yang digunakan berjumlah 100 responden, teknik penarikan sampel menggunakan non probability sampling, teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan sikap masyarakat Surabaya mengenai pesan iklan Dancow Versi “Dokter Kecil” di televisi adalah positifReferences
Azwar. (2002). Sikap manusia, teori dan pengukurannya. edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Beard, M. (2007). Manajemen departemen public relation. Jakarta: Penerbit Erlangga
Bungin, B. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Durianto, D. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif: Strategi, program, dan teknik pengukuran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Durianto, D. & Cecilia L. (2004). Analisis efektivitas iklan televisi softener soft and fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumer decision model. Jurnal volume 11, No.1 Maret 2004. ISSN: 0854 - 8153
Effendy, O, U. (2003). Ilmu teori dan filsafat komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Hermawan, A. (2005). Penelitian bisnis. Jakarta: Grassindo
Kotler, P., Keller, Kevin & Lane. (2006). Marketing management. New Jersey: Prentice Hall
Lee, M. & Carla J. (2004). Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam prespektif global. Jakarta : Prenada
Rakhmat, J. (2005). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Ritonga, M J. (2005). Tipologi pesan persuasif. Jakarta: Indeks.
Severin, W. & Tankard, J W. (2005). Teori komunikasi: sejarah metode dan terpaan di dalam media massa. Jakarta: Kencana
Singarimbun, M. (1989). Metode penelitian survey. LP3ES. Jakarta
Sugiyono. (2011). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Sulaksana, U. (2003). Integrated marketing communication: Teks dan kasus. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan, meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta;
Widyatama, R. (2007). Pengantar periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
www.nestle.com