SIKAP MASYARAKAT SURABAYA MENGENAI IKLAN DANCOW VERSI ‘DOKTER KECIL’ DI TELEVISI

Michelle Virginia Gunawan(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan Dancow versi “Dokter Kecil” berisikan pesan tentang memberikan perhatian dan perbaikan gizi anak melalui kegiatan dokter kecil mahir gizi. Iklan Dancow versi “Dokter Kecil” sesuai dengan Misi Nestle Indonesia untuk turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat, memfokuskan diri untuk senantiasa memberikan informasi dan pendidikan bagi konsumen, serta berusaha untuk selalu menjalankan tanggung jawab kepada masyarakat dan menciptakan manfaat. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap masyarakat Surabaya mengenai pesan iklan Dancow Versi “Dokter Kecil” di televisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian  ini adalah masyarakat Surabaya, sampel yang digunakan berjumlah 100 responden, teknik penarikan sampel menggunakan non probability sampling, teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan sikap masyarakat Surabaya mengenai pesan iklan Dancow Versi “Dokter Kecil” di televisi adalah positif

Keywords


Sikap, Pesan Iklan

Full Text:

PDF

References


Azwar. (2002). Sikap manusia, teori dan pengukurannya. edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Beard, M. (2007). Manajemen departemen public relation. Jakarta: Penerbit Erlangga

Bungin, B. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Durianto, D. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif: Strategi, program, dan teknik pengukuran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, D. & Cecilia L. (2004). Analisis efektivitas iklan televisi softener soft and fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumer decision model. Jurnal volume 11, No.1 Maret 2004. ISSN: 0854 - 8153

Effendy, O, U. (2003). Ilmu teori dan filsafat komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hermawan, A. (2005). Penelitian bisnis. Jakarta: Grassindo

Kotler, P., Keller, Kevin & Lane. (2006). Marketing management. New Jersey: Prentice Hall

Lee, M. & Carla J. (2004). Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam prespektif global. Jakarta : Prenada

Rakhmat, J. (2005). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ritonga, M J. (2005). Tipologi pesan persuasif. Jakarta: Indeks.

Severin, W. & Tankard, J W. (2005). Teori komunikasi: sejarah metode dan terpaan di dalam media massa. Jakarta: Kencana

Singarimbun, M. (1989). Metode penelitian survey. LP3ES. Jakarta

Sugiyono. (2011). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Sulaksana, U. (2003). Integrated marketing communication: Teks dan kasus. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan, meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta;

Widyatama, R. (2007). Pengantar periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

www.nestle.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI