Identity Management Primary Relationship Berbudaya Jawa Dan Toraja

Nico Setiawan Susilo(1*),


(1) Prodi Ilmu komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada penelitian ini yang menjadi fokus adalah bagaimana pasangan suami dan istri berbeda budaya membentuk identitas dalam pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pasangan suami dan istri berbeda budaya antara budaya Jawa dan Toraja membentuk identitas dalam pernikahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Identitas dalam penelitian ini dibagi menjadi dua konteks, yakni identitas dalam konteks komunikasi dan identitas dalam konteks budaya. Kemudian dua konteks identitas tersebut melewati proses Identity Negotiation yang terdiri dari Identity Knowledge, Mindfulness, Negotiation Skill. Kemudian melewati proses Identity Management yang berpotensi terjadinya Identity Freezing, Nonsupport, Self-Other Face Dialectics, dan Positive-Negative Face Dialectics. Dalam potensi terjadinya keempat hal tersebut perlu dilakukannya Three Relational Stages yang terdiri dari tiga fase yakni Trial & Error, Enmeshment, hingga Renegotiation. Pada akhirnya setelah melewati proses tersebut, peneliti menemukan bahwa pasangan suami istri berbeda budaya antara budaya Jawa dan Toraja membentuk identitas pernikahan mereka menjadi identitas Jawa-Toraja.

Keywords


Identity Management, Pasangan Menikah, Jawa, Toraja, Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


DeVito, J.A. (2005). Messages : building interpersonal communication skills, sixth edition. Pearson Education, Inc. USA.

DeVito, J.A. (2011). Interpersonal messages : communication and relationship skills, second edition. Pearson Education, Inc. USA.

Jonge, H.d. (1990). Agama, kebudayaan, dan ekonomi : studi interdisipliner tentang masyarakat madura. Rajawali Pers, Jakarta. Indonesia.

Littlejohn, S.W. & Foss, K.A. (2008). Theories of human communication. Sage Publications, California, USA.

Littlejohn, S.W. & Foss, K.A. (2009). Encyclopedia of communication theory. Sage Publications, California, USA.

Littlejohn, S.W. & Foss, K.A. (2009). Theories of human communication : ninth edition. Thomson Wadsworth, USA.

Mulyana, D. (2005). Komunikasi antarbudaya. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. Indonesia.

Paranoan, M. (1990). Rambu solo’ : upacara kematian orang toraja analisis psiko – sosio – kultural.

Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. LKIS Pelangi Aksara Yogyakarta. Jawa Tengah.

Samovar, L.A & Porter, R.E. (2004). Communication between cultures 5th edition. Thomson Learning. USA.

SurabayaKita.com. (2012). Angka Perceraian Makin Meningkat. Retrieved November 2012. From http://www.surabayakita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=4646:angka-perceraian-makin-meningkat&catid=25:peristiwa&Itemid=28

Saputra, Andi. (2011). Tingkat Perceraian Di Indonesia Meningkat. Retrieved November 2012. From http://news.detik.com/read/2011/08/04/124446/1696402/10/tingkat-perceraian-di-indonesia-meningkat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI