EVALUASI SPECIAL EVENT SURABAYA FASHION PARADE 2012 YANG DISELENGGARAKAN OLEH TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

Gabrielle Stephanie Tandy(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui evaluasi special event Surabaya Fashion Parade 2012 yang diselenggarakan oleh Tunjungan Plaza Surabaya. Special event ini sudah diselenggarakan lima kali tetapi belum pernah dilakukan evaluasi. Jumlah peserta yang mengikuti kompetisi dalam special event ini tampak tidak konsisten. Evaluasi dilihat dari efek proses komunikasi yang terjadi antara panitia penyelenggara event dengan peserta kompetisi dalam event tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus dan menggunakan teknik wawancara. Peneliti menemukan bahwa proses komunikasi antara panitia penyelenggara dengan peserta kompetisi dari mulai pra-event, saat pelaksanaan event hingga event berakhir telah berjalan dengan cukup lancar. Namun masih ada beberapa hal detail yang kurang diperhatikan oleh panitia.

Keywords


Special event, proses komunikasi, public relations, evaluasi, Tunjungan Plaza Surabaya

Full Text:

PDF

References


Bowdin, G., McDonnell I., Allen J., and O’Toole W. (1999). Events management. Australia: Butterworth-Heinemann.

Departemen Promosi. (2012). Surabaya fashion parade 2012. Surabaya: Author.

Effendy, O. U. (2002). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pickton, D., Broderick A. (2005). Integrated marketing communication (2nd ed). England: Pearson Education Limited.

Shone, A., and Parry, B. (2004). Successful event management (2nd ed). London: Thomson Learning.

Smith, R. D. (2002). Strategic planning for public relations. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Theaker, A. (2008). The public relations handbook (3rd ed) . New York: Routledge.

Tunjungan Plaza Retail Mall. (n.d.). Retrieved Agustus 14, 2012, from http://www.pakuwon.com/tunjungan-plaza

Yin, R. K. (1996). Studi kasus desain dan metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI