IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB INVESTOR RELATIONS PADA CORPORATE WEBSITE 9 PERUSAHAAN FORTUNE 2012

Patricia Rebecca(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Tanggung Jawab Investor Relations pada Corporate Website: 9 Perusahaan Terbaik Fortune Indonesia 2012 dengan menggunakan Metode Analisis Isi Kuantitatif. Sample penelitian ini merupakan corporate website dari 9 Perusahaan Fortune Indonesia Terbaik 2012, yaitu perusahaan-perusahaan tercatat dengan peringkat tertinggi dari setiap jenis industri berbeda menurut pembagian IDX (Indonesia Exchange Index). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori Tanggung Jawab Investor Relations, yang terdiri atas Financial Reporting and Disclosure, Pemasaran Tesis Investasi Perusahaan, Komunikasi Tata Kelola Perusahaan, serta Public Presence.

 

Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa enam dari sembilan Perusahaan Terbaik Fortune Indonesia 2012 tersebut telah mengimplementasikan Tanggung Jawab Investor Relations pada Corporate Website-nya yaitu Astra International, Telekomunikasi Indonesia, United Tractors, Bank Mandiri, Bumi Resources, dan Wijaya Karya. Tiga perusahaan lainnya yaitu HM Sampoerna, SMART dan Indah Kiat Pulp and Paper belum mengimplementasikan Tanggung Jawab Investor Relations Pada Corporate Website-nya.

 

Lebih lanjut, Implementasi Tanggung Jawab Investor Relations Pada Corporate Website Pada Corporate Website: 9 Perusahaan Terbaik Fortune Indonesia 2012 dipengaruhi oleh beberapa faktor, selain pendapatan perusahaan. Hal tersebut diantaranya visi, misi, strategi dan budaya perusahaan, governmental ownership, jenis industri perusahaan (keuangan dan teknologi), latar belakang direksi perusahaan (sekretaris perusahaan), strategi orientasi pasar saham perusahaan (domestik atau internasional), tipe investor (individual atau institutional investor), kepemilikan saham mayoritas, serta faktor eksternal perusahaan.

Keywords


Public Relations, Corporate Communication, Tanggung Jawab Investor Relations, Corporate Website, Analisis Isi Kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Argenti, P. (2010). Komunikasi korporat (5th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Argenti, P.A. & Barnes, C.M. (2009). Digital strategies for powerful corporate communications. USA: McGraw Hill.

Baard, R.S. & Nel, G.F. (2007). Do corporate web sites in Africa communicate investor information according to best practice guidelines. South African Journal of Information Management 9(3), viewed 01 Maret 2013, from http://www. proquest.com

Berge, J.S. & Christensen, M.B. (2011). Investor relations: Analysis of investor relations strategies of industry leaders quoted on the dow jones industrial index. Retrieved Mei 1, 2013, from ABI/INFORM Global (Proquest) Database.

Breakenridge, D. (2008). PR 2.0: New media new tools, new audiences. New Jersey: Pearson Education Inc.

Cole, B.M. (2004). The new investor relations: Expert perspectives on the state of the art. New York: Bloomberg press.

Laskin, Alexander . (2008, November 18). Investor relations. Retrieved Maret 10, 2013.

Van Riel, C.B.M. (1995). Principles of corporate communication (1st ed.). London: Prentice-Hall.

Marston, C. and Straker, M. (2001). Investor relations: A European survey. Corporate Communications: An International Journal, Vol. 6 No. 2, pp. 82-93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI