PENERIMAAN PENGGEMAR SNSD TERHADAP KECANTIKAN SNSD DALAM VIDEO KLIP GEE

Metha Gunawan(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerimaan dan pemaknaan penggemar terhadap suatu video klip yang berbeda satu dengan yang lain. Dalam video klip Gee terdapat unsur kecantikan yang dimaknai oleh penggemarnya secara berbeda-beda. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori reception dan kecantikan. Kecantikan terbagi menjadi dua elemen, yaitu kecantikan dalam dan kecantikan luar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan observasi dan wawancara yang mendalam. Penelitian ini mengacu pada teori analisis penerimaan dan konsep kecantikan. Informan penelitian ini adalah penggemar perempuan dan penggemar laki- laki sesuai dengan teori Jensen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh informan dominan dengan kecantikan dari kemampuan yang ditampilkan, dan seluruh informan menyadari adanya kecantikan buatan pada masing- masing personil SNSD

Keywords


Analisis Penerimaan, Penggemar SNSD, Kecantikan SNSD, Video Klip Gee

Full Text:

PDF

References


Baran, S.J. & Davvis D.K. (2003). Mass communication theory. Belmont: Wadsworth.

Devereux, E. (2003). Understanding the media. London: Sage Publication.

Mulyana, D. (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Hall, S, (1997). Representation: Cultural representations and signifying practices. Beverly Hills: Sage Publications.

Jensen, K. B. (2002). A handbook of media and communication research, qualitative and quantitative methodologies. London: Routledge.

Meliana, A. S. (2006). Menjelajah tubuh perempuan dan mitos kecantikan. Penerbit: LKIS. Yogyakarta.

Redmond (2004). Encarta reference librari premium. WA: Microsoft Encarta.

Widyatama, R. (2006). Bias gender dalam iklan televisi. Jakarta: Penerbit Media Pressindo.

Wolf, N. (2004). Mitos kecantikan: Kala kecantikan menindas perempuan. Yogyakarta: Niagara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI