MOTIF MASYARAKAT SURABAYA DALAM MENONTON PROGRAM GOOD MORNING HARD ROCKERS ON SBO

Sherlycin Angkari(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Teori Uses and Gratification merupakan teori yang mengasumsikan bahwa pengguna mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya. Teori ini menekankan pada khalayak yang aktif menentukan pilihan atas media massa yang dipilihnya. Program “Good Morning Hard Rockers On SBO” merupakan subjek penelitian yang dipilih peneliti. Hal ini dikarenakan program ini merupakan program radio yang menggunakan 2 media, salah satunya adalah televisi untuk menyiarkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pemirsa Surabaya dalam menonton program “Good Morning Hard Rockers On SBO” yang ditayangkan di televisi. Penelitian ini menggunakan metode survei. Pengukuran motif dilakukan dengan membandingkan nilai mean dari4 jenis motif yaitu motif informasi, motif identitas personal, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan. Motif yang tertinggi dari hasil penelitian adalah motif informasi, dan motif terendah adalah motif hiburan.


Keywords


Teori Uses and Gratification, Motif, Pemirsa Surabaya, Program Televisi.

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchana. (1993). Televisi siaran, teori, dan praktek. Bandung: Mandar Maju.

Erdiyana, Lukiati Komala. (2004). Komunikasi massa suatu pengantar. Bandung: PT Remaja RosdaKarya Offset.

Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kriyantono, Rachmad. (2009). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Liliweri, Alo. (1991). Memahami peran komunikasi massa dalam masyarakat. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

McQuail, Dennis. (1987). Teori komunikasi massa suatu pengantar. Jakarta: Erlangga.

Naratama. (2004). Menjadi sutradara televisi dengan single dan multi camera. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurudin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rakhmat, Jalaludin. (2005). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI