STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT PJB (PEMBANGKITAN JAWA-BALI) DALAM PROGRAM CSR BANK SAMPAH

Lesthia Chrysantin(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi public relations PT PJB dalam program CSR Bank Sampah. Menggunakan konsep grand strategy, strategy dan tactis, peneliti mengamati proses scanning lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, evaluasi & control dalam pelaksanaan CSR untuk menganalisis strategi public relations. Peneliti menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian. Melalui teknik pengumpulan data observasi non-partisipan dan wawancara mendalam dengan informan peneliti menggali data. Informan dalam penelitian ini adalah perusahaan, mitra kerja dan pelaksana Bank Sampah. Hasil penelitian menunjukkan public relations PT PJB memiliki model cooperative grand strategy dalam perumusan strategi kegiatan CSR Bank Sampah, dimana bersikap share (interdependen) terhadap goal organisasi, bersikap negatif pada perubahan (change), menganggap publik sebagai bagian konstruktif untuk perusahaan, menganggap isu sebagai bagian yang harus dipecahkan (solve), mengacu pada komunikasi dua arah (two-ways), serta menganggap peranan praktisi public relations sebagai manajer komunikasi perusahaan. Kesemuanya itu mempengaruhi dan diturunkan dalam strategi public relations, khususnya dalam tahapan scanning lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, evaluasi & control dari program CSR Bank Sampah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi public relations PT PJB ini dimulai dengan adanya pengkondisian kerjasama dengan mitra kerja, dan adanya tujuan lain yang melatarbelakangi kegiatan CSR. Sehingga penetapan isu, sasaran hingga tim pelaksana di lapangan memiliki kedekatan dengan mitra kerja yang bersangkutan, dan membuat proses setiap tahapan berjalan dengan baik hingga mampu merubah perilaku masyarakat.

Keywords


Strategi Public Relations, Corporate Social Responsibility, Program Bank Sampah PT PJB

Full Text:

PDF

References


Botan, Carl. (1992). Grand strategy, strategy, tactics. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Bowen, Howard. (2000) Busines and society. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Cutlip, Scott M. Center, Allen H. & Broom, Glen M. (2006). Effective public relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

David Hunger dan Thomas L. Wheelen. (1996). Manajemen strategis.Yogyakarta: Andi ofset Poerwadarminta

Harrison, Kim (2011). Strategy public relations. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo

Hermanto, Fanny. (2007). Strategi public relations PT Coca-Cola di dalam mengembangkan corporate social responsibility. Surabaya: Universitas Kristen Petra

Imran. (2009). Peran public relations pada program CSR dalam rangka meningkatkan citra positif perusahaan. Surabaya: Universitas Kristen Petra

Ishak, Aswad. (2011). Public relations & CSR. Bandung: Refika Aditama

Jefkins, Frank. (1992). Hubungan Masyarakat. Jakarta: Intermasa

Jefkins, Frank. (2003). Hubungan Masyarakat II. Jakarta: Intermasa

Lenny Fransiskus. (2006). Strategi komunikasi Corporate Social Responsibility PT. Telkom Divre V. Surabaya: Universitas Kristen Petra

Moloeng, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, Zulkarnaen. (2003). Konsep Manajemen Humas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oliver, Sandra. (2007). Strategy public relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wibisono, Yusuf. (2011). CSR & Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo.

Yin, Robert K. 2004. Studi Kasus: Desain dan Metode edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI