PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA TERAPIS DENGAN ANAK AUTIS DI ESYA TERAPI CENTER SIDOARJO DALAM PROSES TERAPI WICARA

Helen Uli Martha Sitompul(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal antara anak autis dengan terapis dalam proses terapi wicara di Esya Terapi Center Sidoarjo. Informan yang diteliti adalah murid yang menyandang autis dan juga terapis. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus serta melakukan observasi dan  wawancara mendalam. Elemen yang diteliti adalah, elemen komunikasi interpersonal menurut De Vito, yaitu komunikator, pesan, hambatan, media, hambatan, kompetensi, etika. Hasil penelitian adalah, proses komunikasi yang dilakukan adalah dua arah dengan didominasi oleh bahasa non verbal. Sedangkan, masing-masing terapis mendominasi untuk menjadi komunikator. Hambatan komunikasi yang ditemukan adalah hambatan psikologis dan semantik. Reward and punishment diberikan sebagai respon atas pesan komunikasi yang disampaikan oleh komunikan kepada komunikator sekaligus sebagai etika yang diberlakukan di Esya untuk menjadi salah satu aspek untuk memotivasi murid autis untuk makin semangat dalam melakukan proses terapi wicara”.

Keywords


Proses Komunikasi Interpersonal, anak autis dengan terapis, terapi wicara, Elemen Komunikasi Interpersonal

Full Text:

PDF

References


Christie,Phil., & Elizabeth Newson.,& Wendy Prevezer.,& Susie Chandler. (2009). Langkah awal berinteraksi dengan anak autis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Creswell, John W. (2007). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches second edition. USA: Sage Publications.

Bungin, Burhan (Ed). (2003). Metodologi penelitian kualitatif: Aktualisasi metodologis kea rah ragam varian kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafinfo Persada.

Hardjana, Agus M. (2003). Komunikasi intrapersonal & interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Knapp,Mark L.,& Judith A. Hall (2010) Non verbal communication in Human interaction. Canada: Wadswoth.

Kriyantono, R. (2008). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maulana, Mirza. (2010). Anak Autis. Jogjakarta: Kata Hati.

Moleong, L. J. (2006). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peeters, Theo. (2004). Autisme: Hubungan pengetahuan teoritis dan intervensi pendidikan bagi peyandang autisme. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Safaria, Triantoro(2005). Autisme: Pemahaman baru untuk hidup bermakna bagi orang tua. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.

Soemirat, Soleh; Satari, H. Hidayat; dan Suryana, Asep. (2004). Komunikasi persuasif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunu, Christoper (2012). Unlocking Autism: Panduan memecahkan masalah Autisme. Yogyakarta: Lintang Terbit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI