MOTIVASI PASIEN DALAM MEMILIH NATIONAL HOSPITAL SEBAGAI TEMPAT BEROBAT: (SEBUAH PENDEKATAN TEORI EXPECTANCY – VALUE MODEL)

Melviana Aurelia Lianto(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja motivasi pasien dalam memilih National Hospital sebagai tempat mereka berobat. Pendekatan penelitian ini memakai teori expectancy value model yang kemudian diturunkan menjadi teori motivasi. Sehubungan dengan adanya peraturan menteri kesehatan yang melarang rumah sakit untuk melakukan promosi, maka ini menjadi kendala National Hospital dalam memperkenalkan rumah sakitnya yang masih baru, sehingga penelitian mengenai motivasi pasien diperlukan. Dimensi dari motivasi tersebut adalah motif fungsional, motif estetika – emosional, motif sosial, motif situasional, dan motif keingintahuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis choice model prediction dan metode survei untuk mendeskripsikan motivasi pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tertinggi dari motivasi pasien dalam memilih National Hospital sebagai tempat berobat adalah motivasi fungsional.

Keywords


Motivasi, Pasien, Marketing Public Relations, National Hospital

Full Text:

PDF

References


Bodker et al, (2009). The User Experience of Smart Phones: A Consumption Values Approach. Copenhagen Business School.

Raaij, W. Fred., Wandwossen, Kassaye. (1978). Advanced in Consumer Research: Motivation Need Theories and Consumer Behaviour. Tilburg University.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sheth Jagdish N., Mittal Banwari. (2004). Customer Behavior: A managerial perspective. Ohio: Thomson South Western.

Indonesia. Menteri Kesehatan. (n.d.). Peraturan Menteri Kesehatan tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan 2010. Retrieved September 9, 2013, from http://www.hukor.depkes.go.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI