EFEKTIVITAS PESAN IKLAN TELEVISI TRESEMME MENGGUNAKAN CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI) PADA PEREMPUAN DI SURABAYA

Tania Yosephine Aiwan(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Efektivitas pesan iklan televisi TRESemmé yang ditayangkan sejak Oktober 2012 hingga Maret 2013 dan diproduksi oleh PT Unilever Indonesia, Tbk, merupakan rumusan masalah yang peneliti angkat dalam penelitian ini. Efektivitas pesan tersebut diukur menggunakan metode pengukuran Customer Response Index (CRI), dimana respons audiens penonton iklan diukur dari berbagai tingkatan, mulai awareness, comprehend, interest, intentions, dan action. Tingkatan respons inilah yang digunakan untuk mengukur efektivitas pesan iklan TRESemmé. Pengukuran menggunakan metode ini didasarkan pada teori komunikasi pemasaran dan efektivitasnya yang digambarkan dalam teori Hierarchy-of-Effects, dan didukung oleh teori pesan iklan yang terdiri dari dimensi-dimensi isi pesan, struktur pesanm format pesan, dan struktur pesan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pesan iklan TRESemmé yang diproduksi oleh PT Unilever Indonesia Tbk, ialah efektif.

Keywords


Efektivitas, Pesan Iklan Televisi, TRESemmé, PT Unilever Indonesia, Tbk., Customer Response Index (CRI)

Full Text:

PDF

References


Barry, Thomas E. (1987). The development of the hierarchy of effects: an historical perspective. Current Issues & Research in Advertising;1987, Vol. 10 Issue 2, p251.

Belch, George E., Belch, Michael A. (2009). Advertising and promotion: an integrated marketing communication perpective 8th ed. New York: McGraw-Hill.

Best, Roger J. (2012). Market-based management: strategies for growing customer value and profitability 6th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Widjaja & Supraktino. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, Onong Uchjana. (2002). Hubungan masyarakat: suatu studi komunikologis. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Kertajaya, Hermawan. (2002). Marketing Plus 2000: Siasat memenangkan persaingan global. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. (2003). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing management 13th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Neuman, W. Lawrence. (2012). Basics of social research: qualitative and quantitative approaces. Boston: Pearson Education, Inc.

Purnama, Lingga. (2001). Strategi marketing plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Severin, Werner J., Tankard, James W. (2001). Teori komunikasi edisi kelima. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutherland, Max, Sylvester, Alice K. (2005). Advertising and The Mind of The Consumer: Iklan yang berhasil, yang gagal, dan penyebabnya. Jakarta: PPM.

Wells, Burnett, & Moriarty. (2000). Advertising practice and principles 5th ed. New Jersey: Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI