“WRECK IT RALPH”: STUDI GENRE PADA FILM DISNEY ANIMATION STUDIOS

Fransisca Devita(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


“Wreck It Ralph” adalah sebuah film animasi produksi Disney Animation Studios yang menceritakan kehidupan dan petualangan seorang penjahat di dunia permainan bernama Ralph. Film ini adalah sebuah film yang membawa konvensi-konvensi genre yang berbeda dari film Disney sebelumnya. Peneliti melakukan analisis genre terhadap film “Wreck It Ralph” menggunakan 6 konvensi genre menurut Jane Stokes, yaitu setting, lokasi, peristiwa-peristiwa naratif, plot, karakter, dan ikonografi, untuk mengetahui genre apa yang dikonstruksikan dalam film. Genre adalah sebuah sistem penting yang dibuat oleh industri untuk menarik penonton sebanyak-banyaknya, dan memuat isu-isu sosial. Melalui analisis genre ini, peneliti menemukan bahwa “Wreck It Ralph” mengonstruksikan genre aksi, drama, dan fantasi, dengan campuran 10 genre lain. Peneliti juga menemukan adanya pergeseran konvensi dari Disney pada genre drama dan fantasi. Melalui genre drama, Disney membawa bullying sebagai tema utama, yang belakangan menjadi populer di Amerika Serikat. Dengan demikian, genre dan bullying sama-sama menjadi sebuah komoditas untuk mendatangkan keuntungan bagi industri.

Keywords


Konstruksi, Analisis Genre, Film, Animasi, Disney

Full Text:

PDF

References


Booker, K. (2007). Postmodern Hollywood: What’s new in film and why it makes us feel so strange. USA: Greenwood.

Constable, C. (2004). The Cambridge Companion to Post Modernism. (S. Connor, Ed.) UK: Cambridge University Press.

Darnell, N. (2012). A disney conspiracy? Is 'Wreck-It-Ralph' really a Pixar movie in disguise?. Retrieved February 28, 2013 from http://www.examiner.com/article/a-disney-conspiracy-is-wreck-it-ralph-really-a-pixar-movie-disguise

Dawning, J. (Eds.). (2004). The SAGE handbook of media studies. UK: SAGE Publications.

Dyer, R. (2007). Pastiche. NY: Routledge.

Hesmondhalgh, D. (2009). The cultural industries (2nd ed.). London: Sage Publications.

Intertextuality: Pastiche and Parody. (2010). Retrieved June 20, 2013 from http://beauchampcollegemedia.com/2010/09/06/intertextuality-pastiche-and-parody/

McKee, R. (2010). Story: Substance, structure, style, and the principles of screenwriting. USA: Harper Collins.

Pratista, H. (2008). Memahami film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Rayner, P., Peter W. & Stephen K. (2004). AS media studies: The essential introduction. New York: Routledge.

Sterin, J. C. (2012). Mass media revolution. USA: Pearson.

Stokes, J. (2007). How to do media and cultural studies: Panduan untuk melaksanakan penelitian dalam kajian media dan budaya. Yogyakarta: Bentang.

Taylor, L. & Andrew W. (1999). Media studies: Texts, institutions and audiences. UK: Blackwell.

Tomaric, J. J. (2008). The power film making kit: Make your professional movie on a next-to-nothing-budget. Burlington: Elsevier.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI