MOTIVASI PENGUNJUNG DALAM MENGUNJUNGI CAPITAL RESTAURANT AND LOUNGE SURABAYA

Anastasia Yuanita Gunawan(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi apa yang ada dalam diri pengunjung dalam mengunjungi Capital Restaurant and Lounge Surabaya. Pendekatan penelitian ini memakai teori expectancy value model yang kemudian diturunkan menjadi teori motivasi. Motivasi dapat diakibatkan bukan hanya dari adanya dorongan atas dasar kebutuhan yang diharapkan, tetapi motivasi dapat diakibatkan dari adanya suatu brand. Capital Restaurant and Lounge Surabaya memiliki brand yaitu era 1920 America’s yang hanya digambarkan secara global melalui design interior. Dimensi dari motivasi adalah motif fungsional, motif estetika – emosional, motif sosial, motif situasional dan motif keingintahuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis choice model prediction dan metode survei untuk untuk mendeskripsikan motivasi mana yang lebih unggul secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pengunjung dalam mengunjungi Capital Restaurant and Lounge adalah motivasi fungsional yaitu penampilan produk yang meliputi penampilan makanan dan minuman, administrasi, pelayanan dan fasilitas.

Keywords


Motivasi, Marketing Public Relations, Capital Restaurant and Lounge

Full Text:

PDF

References


Batey, M. (2008). Brand meaning. New York: Taylor & Francis Group.

Morissan. (2012). Metode penelitian survey. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Raaij, W. Fred., Wandwossen, Kassaye. (1978). Advanced in consumer research: motivation need theories and consumer behaviour. Netherlands:Tilburg University.

Sheth J., Mittal B. (2004). Customer Behavior: A managerial perspective. Ohio: Thomson South Western.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI