KONTEN MALE GENDER ROLE DALAM FILM ANIMASI WALT DISNEY
Keywords:
Backpropagation, Chi2, Diskritisasi, Jaringan saraf tiruan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari apa saja male gender role yang terdapat di dalam film animasi Walt Disney. Male gender role sendiri memiliki arti sebagai sebuah script yang digunakan sebagai “pedoman” bagaimana seharusnya, seorang pria berprilaku dalam kehidupan sehari-harinya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan menggunakan 24 film animasi Walt Disney mulai tahun 1970 hingga 2012 sebagai recording unit. Peneliti menggunakan 24 male gender role yang diklasifikasikan dalam 5 kategori utama yaitu standard bearers, workers, lovers, bosses, dan rugged individuals. Hasil penelitian ini adalah male gender role yang dominan dalam film-film Disney adalah bosses, yang menunjukkan bahwa budaya patriarki pada masyarakat Amerika dan pada perusahaan Disney sendiri dapat mempengaruhi pembuatan tokoh dalam film. Selain itu, Disney juga lebih menonjolkan sosok tokoh pria yang memiliki peran baik dan meminimalkan penampilan tokoh pria dengan peran yang jahat/tidak baik. Hal ini dapat dilihat jumlah tokoh hero dan hero supporter yang lebih tinggi dibandingkan tokoh villain dan villain suporter.References
Beiman, N. (2012). Prepare to board! creating story and characters for animated features and shorts. UK: Focal Press.
Brannon, L. (1996). Gender: Psychological perspectives 4th ed. London: Pearson/Allyn and Bacon.
Bulaeng, A. R. (2004). Teori dan manajemen riset komunikasi. Jakarta: Norendra.
Cook, C. M. (2012). The hero and villain binary in the western film genre. Retrieved May 16, 2013 from Massey University Palmerston North, New Zealand.
Deitermann, J. (2004). The american western of the 1950s – An analysis of cowboy culture against the background of the era. GRIN Publishing.
Do Rozario, R.A. C. (2004). The Princess and the Magic Kingdom: Beyond Nostalgia, the Function of the Disney Princess. Women’s Studies in Communication, 27(1), 34-59
Faherty, V. E. (August, 2001). Is the mouse sensitive? A study of race, gender, and social vulnerability in Disney Animated Films. Studies in Media & Information Literacy Education, 1(3), 1–8. Retrieved March 3, 2013, from http://utpjournals.metapress.com /content/08r60826151511l8/ fulltext.pdf
Fischer, S. (2010). Powerful or pretty: A content analysis of gender images in children’s animated films. Retrived January 19, 2013 from Auburn University, Alabama site: http://etd.auburn.edu/etd/bitstream/ handle/.../ThesisSabrinaFischer.pdf
Fuchs, L. H. (2000). Beyond patriarchy: Jewish fathers and families. New England: Brandeis University Press
Gökçearslan, A. (January, 2010). The effect of cartoon movies on Children's Gender Development. Procedia Social and Behavioral Sciences 2, 5202–5207. Retrieved April 11, 2013, from http://w3.gazi.edu.tr/ ~armagangokce/7.pdf
Haig, D. (May, 2003). The inexorable rise of gender and the decline of sex: Social change in academic titles, 1945–2001. Archives of Sexual Behavior 33(2), 87–96. Retrieved April 11, 2013, from http://www.oeb.harvard.edu/faculty/haig/publications_files/04inexorablerise .pdf
Harris, I. M. (1995). Messages men hear: Constructing masculinities. London: Taylor&Francis
History of The Walt Disney Company. (2013). Retrieved May 19, 2013, from http://www.fundinguniverse.com/company-histories/the-walt-disney-company-history/
Prajarto, N. (2010). Analisis isi metode penelitian komunikasi. Yogyakarta: FISIPOL UGM.
Russell, C. (n.d). FIN 6406 – Strategic financial management. Retrieved January 17, 2013 from http://www.christinalrussell.com/documents/ DisneyFinanceProject_000.pdf
The Walt Disney Company. (2013). Disney History. Retrieved February 5, 2013, from http://thewaltdisneycompany.com/about-disney/disney-history
Ward, A. (2002). Mouse mortality: The rhetoric of disney animated film. Texas: University of Texas Press.
Wiryanto. (2000). Teori komunikasi massa. Jakarta: Grasindo.
Wood, J. T. (2011). Gendered lives communication, gender, and culture (Ninth Edition). United States: Wadsworth, Cengage Learning.