EFEKTIVITAS IKLAN MIDTOWN HOTEL SURABAYA DI HARIAN JAWA POS

Felicia Noviani(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas iklan Midtown Hotel Surabaya di Harian Jawa Pos. Iklan merupakan komunikasi nonpersonal berbayar dari sponsor yang teridentifikasi menggunakan media massa untuk mempersuasi atau mempengaruhi pelanggan. Midtown Hotel Surabaya memasang iklan mengenai paket meeting di Harian Jawa Pos untuk memperkenalkan brand Midtown Hotel dan produk yang dimiliki. Efektivitas iklan ini diukur dengan menggunakan metode Customer Response Index (CRI). Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan teknik analisis deskriptif dengan metode survei untuk mendeskripsikan efektivitas iklan. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas iklan Midtown Hotel Surabaya di Harian Jawa Pos adalah efektif.

Keywords


Efektivitas, Iklan, Midtown Hotel Surabaya, dan Harian Jawa Pos

Full Text:

PDF

References


Abideen, Zain-Ul & Saleem, Salman. (2012). Effective advertising and its influence on consumer buying behavior. Journal of business and management, 3(3), 55-65.

Ayanwale, Adeolu., Alimi, Taiwo & Ayabimipe, Matthew. (2005). The influence of advertising on consumer brand preference. Journal of social sciences, 10(1), 9-16.

Bartono, P.H, SE & Ruffino E.M., SE. (2007). Hotel communication management. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Best, Roger J. (2012). Market based management. Prentice-Hall, Inc.

Bolatito, Ojenike. (2012). Effects of advertising on consumer preference for telecommunication firms in nigeria. Journal of New Media and Mass Communication, 6, 1-4.

Bram, Yudi Farola. (2005, Desember). Analisis efektivitas iklan sebagai salah satu strategi pemasaran perusahaan percetakan dan penerbitan PT. Rambang dengan menggunakan metode EPIC model, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(6), 1-23

Durianto, Darmadi., Sugiarto., Widjaja, Anton W & Supratikno, Hermawan. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif: Strategi, program, dan teknik pengukuran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, Onong U. (2002). Hubungan masyarakat suatu studi komunikologis. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Erlina, Maria. (2013). Efektivitas iklan fashion lite di harian Jawa Pos, 1(1), 1-11.

Kumar, Ravi. (2012, May). A study on advertising effectiveness as a factor influencing brand equity of colour television products with specific reference to coimbatore city-Tmil Nadu-India. Journal of social science & management, 2(1), 1-6.

Neuman, Lawrence. (2004). Basic of social research. Canada: Pearson Education, Inc.

[NN]. (2012). Basic of social research 3rd ed. Canada: Pearson Education, Inc..

Rangkuti, Fredy. (1997). Riset pemasaran. Jakarta: Penerbit PT.Gramedia.

Siagian, Sondang. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung: Refika Aditama.

Wijaya, Bambang S. (2012). The development of hierarchy of effects model in advertising. Jornal of business studies, 5(1), 1-7.

Yeshin, Tony. (1998). Integrated marketing comunications. Oxford: Elesevier Butterworth-Heinemann.

[NN]. (2006). Advertising. London: Thomson Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI