DOWNWARD COMMUNICATION DI PT. COMMONWEALTH LIFE CABANG SURABAYA

Dewi Suryani Susanto(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Subyek penelitian komunikasi kebawah ini adalah PT.Commonwealth Life Cabang Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi downward communication di PT.Commonwealth Life Cabang Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah audit komunikasi dengan menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan total sampling yaitu sebanyak 15 orang yang berada di divisi Financial Consultant. Komunikasi ke bawah yang terjadi di PT. Commonwealth Life Cabang Surabaya ini telah berjalan dengan baik. Maksudnya ialah komunikasi yang menjadi harapan dan kenyataan riil di perusahaan ini tidak terlalu signifikan perbedaannya. Hanya saja, jenis informasi mengenai dasar pemikiran untuk melakukan pekerjaan memiliki nilai perbedaan yang signifikan.

Keywords


Downward Communication, Audit Komunikasi, PT.Commonwealth Life

Full Text:

PDF

References


Banawi, Shandy. (2005). Hubungan antara iklim komunikasi organisasi dengan kinerja karyawan di PT Bumi Maspion Jaya Property. (TA No. 10010020/KOM/2005). Unpublished undergraduate thesis Universitas Kristen Petra Surabaya

Bovee, Courtland L. & Thill, John V. (2003). Komunikasi bisnis. Jilid I. Jakarta: PT Indeks.

Bungin, Burhan. (2001). Metodologi penelitian sosial: format-format kuantitatif dan kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Djarwanto. (2001). Mengenal beberapa uji statistik dalam penelitian.Yogyakarta: Liberty.

Goldhaber, Gerald M. (1990). Organizational communication. Dubuque: Wm. C. Brown Publisher.

Gusnardi (2008). Peran audit kinerja dalam menilai esisiensi dan efektifitas perusahaan.

Keyton, Joann.( 2005). Communication and organizational culture. Thousand Oaks: Sage Publications.

Muhammad, Arni. (2007). Komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Novi (2009). Downward communication di PT Coca Cola Bottling Surabaya. Published Undergraduate thesis Universitas Kristen Petra.

Pace, R. Wayne dan Faules Don F. (2000). Komunikasi organisasi: Strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Purwanto, Djoko. (2006). Komunikasi bisnis edisi ketiga. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Richmond Virginia P. & James C McCroskey & Linda L McCroskey. (2005). Organizational communication for survival making work. United States of America: Pearsom Education.

Sentosa, Meliani. (2009). Upward communication terhadap kepuasan komunikasi pada divisi production manager di PT Leewom Industrial Gresik. (TA No. 10010453/KOM/2009). Unpublished undergraduate thesis Universitas Kristen Petra Surabaya.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Wursanto.2003.Dasar-dasar ilmu organisasi.Yogyakarta:ANDI Offset.

Sulistiowati (2007). Audit komunikasi direktorat kantor pusat PT. Pembangkit Jawa-Bali Surabaya dalam downward communication. Published Undergraduate thesis Universitas Kristen Petra.

www.commlife.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI