PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMIMPIN KELOMPOK SEL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI ANGGOTA KELOMPOK SEL DI SATELIT HOLY GEREJA MAWAR SHARON SURABAYA

Felicia Setyono(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesuksesan mencapai tujuan organisasi pada dasarnya ditentukan oleh kemampuan dan keterampilan komunikasi pemimpin organisasi. Keterampilan komunikasi interpersonal pemimpin juga penting untuk meningkatkan keterikatan anggota terhadap organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kualitas komunikasi interpersonal pemimpin kelompok sel kepada anggota kelompok sel terhadap komitmen organisasi anggota kelompok sel di Satelit Holy Gereja Mawar Sharon Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei. Selanjutnya, data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis dengan statistik deskriptif berupa tabel frekuensi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear sederhana. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas komunikasi interpersonal pemimpin kelompok sel dan komitmen organisasi anggota kelompok sel. Pengaruh ini bersifat searah, artinya apabila kualitas komunikasi interpersonal semakin baik, maka komitmen organisasi anggota kelompok sel di Satelit Holy Gereja Mawar Sharon juga semakin baik, begitu pula sebaliknya.

Keywords


Kualitas Komunikasi Interpersonal, Komitmen Organisasi, Kelompok Sel

Full Text:

PDF

References


DeVito, J. (2006). Human communication (10th ed.). Boston: Pearson Education.

Matin, H. Z., Golamreza, J., Fateme, H. K. & Ali, H. (2010). Relationship between Interpersonal Communication Skills and Organizational Commitment (Case Study: Jahad Keshavarzi and University of Qom, Iran). European Journal of Social Sciences Vol.13 No. 3 (2010), pp. 387-398. Retrieved August 1, 2012, from http://ejournal.narotama.ac.id/files/ejss_13_3_06.pdf

Meyer, J. P., & Natalie, J. A. (1997). Commitment in the workplace: theory, research, and application. London: Sage Publications.

Santosa, P. B.,& Ashari. (2005). Analisis statistik dengan microsoft excel & SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sarwono, J. (2009). Statistik itu mudah: panduan lengkap untuk belajar komputasi statistik menggunakan spss 16. Yogyakarta: ANDI.

Singarimbun, M., & Sofian, E. (2006). Metode penelitian survai. Jakarta: PT Pustaka LP3ES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI