COUNTRY REPUTATION AMERIKA SERIKAT MENURUT MASYARAKAT SURABAYA BERDASARKAN COUNTRY REPUTATION INDEX

Georgius Danus Astro(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Country Reputation Amerika Serikat Menurut Masyarakat Surabaya merupakan judul penelitian yang peneliti angkat dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Fombrun-RI Country Reputation Index (CRI) untuk mengetahui reputasi Amerika Serikat menurut masyarakat Surabaya. Ada enam indikator yang digunakan dalam CRI yaitu emotional appeal, physical appeal, financial appeal, leadership appeal, cultural appeal, dan social appeal yang didalamnya terdapat 20 komponen pernyataan. Penelitian ini menggunakan metode survei dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Kuesioner dibagikan kepada 100 masyarakat Surabaya yang telah dibagi berdasarkan jumlah penduduk masing-masing wilayah Surabaya melalui kuota sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa country reputation Amerika Serikat menurut masyarakat Surabaya adalah positif.

Keywords


Country Reputation, Country Reputation Index, Amerika Serikat, Surabaya, Survei

Full Text:

PDF

References


Breakenridge, D. K. (2012). Social media and public relations: eight new practices for the PR professional. New Jersey: FT Press.

Christelis, D. (2006). Country reputation management: identifying the drovers of south africa’s reputation in german media. South Africa: University of Stellenbosch.

Drapeau, M. (2009). Government 2.0: how social media could transform Gov PR. pbs.org

Retrieved February 27, 2013, from:

http://www.pbs.org/mediashift/2009/01/government-20-how-social-media-could-transform-gov-pr005.html

Fombrun, C J. (1996). Reputation: realizing value from the corporate image. Boston: Harvard Business School Press.

Fombrun, C. J. & Van R., Cees B. M.. (2007). Essentials of corporate communication. Cornwall: MPG Books Ltd.

Kang, M. & Yang, S. (2010). Comparing effects of country reputation and the overall corporate reputations of a country on international consumers’ product attitudes and purchase intentions. corporate reputation review. 13 (1): 52-62

Kriyantono, R. 2006. Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Passow, T. & Fehlmann, R. (2005). Country reputation: from measurement to management. The case of liechtenstein. IABC: International Conference.

Passow, et al. (2005). Country reputation – from measurement to management: the case of liechtenstein. Corporate Reputation Review. 7 (4): 309-326

Silalahi, G. A. (2003). Metodologi penelitian dan studi kasus. Sidoarjo: Citra Media.

Singarimbun, M. (2006). Metode penelitian survai. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI