SIKAP KONSUMEN THE BODY SHOP® SURABAYA TERHADAP PESAN DALAM IN-STORE MEDIA BEAUTY WITH HEART

Lusi Ratna Sari(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagai salah satu bentuk komunikasi pemasaran, iklan mengkomunikasikan pesan mengenai organisasi, produk, servis, atau ide. Istilah in-store media mengacu pada  iklan dalam gerai atau ruang retail  dengan bentuk cetak dan audiovisual yang dapat dilihat oleh orang. The Body Shop® menggunakan poster untuk mengkomunikasikan pesan mengenai new beauty movement bernama Beauty With Heart. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap konsumen The Body Shop® Surabaya terhadap pesan dalam in-store media Beauty With Heart. Sikap terdiri dari tiga komponen, yaitu komponen kognitif, afektif, dan konatif. Dalam hal ini dipilih responden berusia 17-60 tahun yang berdomisili di Surabaya dan pernah melihat poster Beauty With Heart. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jika dilihat dari komponen kognitif, maka didapat sikap yang positif terhadap pesan dalam in-store media Beauty With Heart. Dari komponen afektif, hasilnya pun positif. Sedangkan dilihat dari komponen konatif, menunjukkan adanya sikap yang negatif terhadap pesan dalam in-store media Beauty With Heart. Maka dapat disimpulkan bahwa bahwa mayoritas responden memiliki sikap positif terhadap pesan dalam in-store media Beauty With Heart.

Keywords


Sikap, Pesan, In-Store Media, Konsumen, The Body Shop®

Full Text:

PDF

References


Bootwala, S., Mali, S.R. & Lawrence, M.D. (2007). Advertising and sales promotion. Pune: Nirali Prakashan.

Effendy, O. (2000). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT Rosdakarya.

Hajrah. (2012). Cantik dengan hati bersama Rachel Amanda di Djuku TSM. Retrieved November 2, 2012 from http://makassar.tribunnews.com/2012/10/04/cantik-dengan-hati-bersama-rachel-amanda-di-djuku-tsm.

Jefkins, F. (1996). Periklanan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. (2003). Marketing management (11th edition). New Jersey: Pearson Education International.

Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W.D. (2011). Advertising. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rainey, D.L. (2005). Product innovation: leading change through integrated product development. Cambridge: University Press.

Shimp, T.A. (2010). Advertising promotion and other aspects of integrated marketing communications. Canada: Nelson Education, Ltd.

Severin, W.J., & Tankard, J.W. (2005). Teori komunikasi. Jakarta: Kencana.

Stahlberg, M. & Maila, V. (2012). Shopper marketing: how to increase purchase decision at the point of sale. London: Kogan Page Limited.

Thain, G., & Bradley, J. Store wars: the worldwide battle for mindspace and shelfspace, online and in-store. (2012). United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

Trehan, M., & Trehan, R. (2007). Advertising and sales management. Delhi: V.K. Entreprises.

Turow, J. (2011). Media today: introduction to mass communication. New York: Routledge.

Walgito, B. (2003). Psikologi sosial: suatu pengantar. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI