STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DALAM MELAKUKAN NATION BRANDING PADA EVENT ITB BERLIN 2013
(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi komuniksi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Melakukan Nation Branding pada Event ITB Berlin 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan teknik pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, observasi pada saat ITB Berlin 2013 dan data-data lain (dokumentasi, data dari Kemenparekraf). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemenparekraf tidak mempunyai grand strategy komunikasi dalam mempromosikan destinasi pariwisata di event pameran pariwisata seperti ITB Berlin. Kemenparekraf bersandar pada visi dan misi sebagai pedoman serta dalam event ITB Berlin Kemenparekraf ingin memperkenalkan “Wonderful Indonesia”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anholt, S. (2003). Brand new justice: How branding places and product can help the developing world. Elsevier Butterworth-Heinemnn: United Kingdom
Anholt, S. (2009). Handbook on tourism destination branding. Madrid: World Tourism Organization and European Travel Commision
Argenti, P. A. (2007). Corporate communication. New York: Mc Graw-Hill.
Arifin, A. (2003). Strategi komunikasi: sebuah pengantar ringkas. Bandung: ALFABETA
Clifton, R. and John S. (2011). Brands and branding. London: Gopson Papers Ltd., Noids.
Daymond, C., Immy H. (2008). Metode-metode riset kualitatif dalam public relatios & marketing communications. Jakarta: Bentang
Effendi, O. (1993). Ilmu teori dan filsafat komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Effendi, O. (2003). Ilmu komunikasi teori dan praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya
Liliweri, A. (2011). Komunikasi serba ada serba makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI