STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DALAM MELAKUKAN NATION BRANDING PADA EVENT ITB BERLIN 2013

Authors

  • Pratiwi Putri Anugerah Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya

Keywords:

rebranding, air minum dalam kemasan ‘AGRO’, CV Alam Megah Jaya

Abstract

Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi komuniksi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Melakukan Nation Branding pada Event ITB Berlin 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan teknik pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, observasi pada saat ITB Berlin 2013 dan data-data lain (dokumentasi, data dari Kemenparekraf). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemenparekraf tidak mempunyai grand strategy komunikasi dalam mempromosikan destinasi pariwisata di event pameran pariwisata seperti ITB Berlin. Kemenparekraf bersandar pada visi dan misi sebagai pedoman serta dalam event ITB Berlin Kemenparekraf ingin memperkenalkan “Wonderful Indonesia”.

References

Anholt, S. (2003). Brand new justice: How branding places and product can help the developing world. Elsevier Butterworth-Heinemnn: United Kingdom

Anholt, S. (2009). Handbook on tourism destination branding. Madrid: World Tourism Organization and European Travel Commision

Argenti, P. A. (2007). Corporate communication. New York: Mc Graw-Hill.

Arifin, A. (2003). Strategi komunikasi: sebuah pengantar ringkas. Bandung: ALFABETA

Clifton, R. and John S. (2011). Brands and branding. London: Gopson Papers Ltd., Noids.

Daymond, C., Immy H. (2008). Metode-metode riset kualitatif dalam public relatios & marketing communications. Jakarta: Bentang

Effendi, O. (1993). Ilmu teori dan filsafat komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendi, O. (2003). Ilmu komunikasi teori dan praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya

Liliweri, A. (2011). Komunikasi serba ada serba makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2013-07-06

Issue

Section

Articles