HAMBATAN DOWNWARD COMMUNICATION ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN PT. MAKMUR JAYA

Pricillia Johanna(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Adanya hambatan komunikasi ke bawah menyebabkan komunikasi atasan dan bawahan dalam organisasi menjadi tidak efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja dan bagaimana hambatan downward communication terjadi antara pimpinan dan karyawan PT. Makmur Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik observasi partisipan dan wawancara mendalam untuk mendapatkan informasi. Hasil hambatan downward communication yang ditemukan adalah tipe pesan, keterbatasan informasi, frekuensi informasi, respon pasif manajemen, ketidakpercayaan dari atasan, tidak ada umpan balik, kesalahpahaman pesan, dan kurangnya kontak dengan atasan. Kontribusi penelitian ini adalah untuk menambah kajian dalam bidang komunikasi organisasi, khususnya komunikasi ke bawah.


Keywords


Jenis Hambatan, Komunikasi ke Bawah

Full Text:

PDF

References


Fielding, M. (2006). Effective communication in organizations (3rd ed). Cape Town: Juta & Co. (Pty) Ltd.

Guo, K.L. (2009). Effective communication in health care: strategies to improve communication skills for managers. The Business Review, Cambridge, 12(2), 8-17.

Jablin, F.M. (1987). Handbook of organizational communication. California: SAGE Publications, Inc

Miller, K. (2006). Organizational communication: approached and processes fourth edition. Belmont: Thomson Wadsworth.

Miles, M.B & Huberman, A.M. (2007). Analisis data kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Miles, E.W., Patrick, S.L., & King, W.C. (1996). Job level as a systematic variable in predicting the relationship between supervisory communication and job satisfaction. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 69, 277-293).

Pace, R.W. & Faules, D.F. (2005). Komunikasi organisasi: strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: LKiS

Purwanto, D. (2010). Komunikasi bisnis.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sen, L. (2007). Communication skills (2nd ed). New Delhi: PHI Learning Private Limited.

Stevens, B. & Hisle, J. (1996). Hotel managers' perceptions of upward and downward communication. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 8(1), 29-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI