efektivitas media komunikasi internal SMAK Kolese Santo Yusup
Keywords:
perceived quality, perceived sacrifice, perceived value, customer satisfactionAbstract
Salah satu sarana yang digunakan Humas SMAK Kolese Santo Yusup untuk menyampaikan pesan kepada para siswanya adalah melalui media komunikasi internal yang berupa Majalah Padma dan Buletin Cyber. Kedua media tersebut memiliki ciri yang berbeda namun pada isi media tersebut hampir sama. Karena hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui efektivitas media komunikasi internal yang digunakan oleh SMAK Kolese Santo Yusup Malang, Majalah Padma ataukah Buletin Cyber. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan responden sebanyak 100 orang. Sedangkan teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian adalah efektivitas media komunikasi internal yang digunakan oleh SMAK Kolese Santo Yusup dikatakan efektif pada Majalah Padma
References
Effendi, Onong. 1987. Ilmu Komunikasi teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Grasindo.
Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Newsom, Doug dan Jim Haynes. 2005. Public Relations Writing . USA: Thomson Wadsworth
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Siregar, Ashadi dan Rondang Pasaribu. 2000. Bagaimana Mengelola Media Komunikasi Organisasi. Yogyakarta: Kanisius.
www.malangkota.go.id