TINGKAT PENGETAHUAN KARYAWAN JW MARRIOTT HOTEL SURABAYA TERHADAP BRAND IDENTITY PERUSAHAAN

Jennie Linando(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan karyawan JW Marriott Hotel Surabaya terhadap brand identity perusahaan. JW Marriott Hotel Surabaya, sebuah brand hotel yang berasal dari Amerika Serikat ini, melihat pentingnya hubungan antara karyawan dengan brand, sehingga mengkomunikasikan brand identity perusahaan kepada karyawan melalui berbagai media dan aktivitas komunikasi menjadi hal yang substansial, guna mencapai pengetahuan karyawan terhadap brand identity perusahaan. Elemen-elemen brand identity JW Marriott Hotel Surabaya yang dikomunikasikan meliputi nama, logo, dan kisah brand. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik penskalaan Likert. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan JW Marriott Hotel Surabaya yang berjumlah 167 orang, dan dikategorikan berdasarkan lama masa kerja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan karyawan JW Marriott Hotel Surabaya terhadap brand identity perusahaan yaitu tinggi.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Brand Identity, JW Marriott Hotel Surabaya

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. (1996). Building strong brands. New York: The Free Press.

Engel, J.F., Blackwell, R.D., & Miniard, P.W. (1994). Perilaku konsumen (1st ed.). Jakarta: Binarupa Aksara.

Foley, J., & Kendrik, J. (2006). Balanced brand: strategi memenangkan pasar dengan menyeimbangkan kekuatan brand dan reputasi perusahaan. Jakarta: PT Trans Media.

Gobe, Marc. (2001). Emotional branding: the new paradigm for connecting brands to people. London: Windsor.

Kapferer, Jean-Noel. (2008). The new strategic brand management: creating and sustaining brand equity. London: Kogan Page Publisher.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2006). B2B brand management. New York: Springer.

Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S.T., & Toth, E.L. (2010). Public relations: profesi dan praktik. Jakarta: Salemba Humanika.

Lebard, Rendleman, & Dolan. (2006). Delivering the Brand Promise Through Employees. The Marsh & McLennan Companies Journal (Online), Volume XXXIV, No. 1. Retrieved February 24, 2013, from http://www.mmc.com/-knowledgecenter/viewpoint/archive-/viewpoint_1_2006.pdf

Moss, D., & DeSanto, B. (2011). Public relations: a managerial perspective. London: SAGE Publications Ltd.

Oliver, Sandra. (2007). Strategi public relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Silalahi, Ulber. (2010). Metode penelitian sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sunaryo. (2002). Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Wheeler, Alina. (2003). Designing brand identity: a complete guide to creating, building, and maintaining strong brands. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI