Evaluasi Program Employee Relations di Hotel Majapahit Surabaya Managed by Accorhotels Tahun 2017
Keywords:
Bhakti Luhur, Blitar, Panti Asuhan, PerilakuAbstract
Penelitian ini dilakukan di Hotel Majapahit Surabaya Managed by Accorhotels. Departemen Talent and Culture (nama lain untuk Human Resources Department di bawah manajemen Accorhotels), menjalankan salah satu fungsi Public Relations yakni employee relations. Dalam pelaksanaannya, program ini mengalami beberapa kendala, terutama di dua program yang peneliti jadikan fokus yakni training dan Best Talent of the Month. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program employee relations di Hotel Majapahit Surabaya Managed by Accorhotels. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, dimana penelitian evaluasi ini mengacu pada teori proses pembuatan program public relations yakni mendefinisikan masalah/peluang, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan berkomunikasi, dan mengevaluasi program. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya program employee relations tidak berjalan dengan baik diakibatkan oleh departemen Talent and Culture sebagai pihak pelaksana tidak melakukan pengidentifikasian publik sasaran, budaya organisasi, serta menyosialisasikan program employee relations yang baru sebelum menjalankan program employee relations tersebut.