Sikap Masyarakat Surabaya pada Pesan Iklan Televisi Mi Urai dari Mi Burung Dara

Mario Trisna Harso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Periklanan dipandang sebagai media yang paling lazim untuk digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap, dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan iklan adalah televisi. Televisi mampu menjangkau begitu banyak masyarakat atau calon konsumen dari produk atau jasa yang diiklankan melalui kekuatan audio dan visualnya. Mi Burung Dara melakukan salah satu promosi mengenai produk barunya “Mi Urai dari Mi Burung Dara” melalui media televisi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap masyarakat Surabaya pada pesan iklan televisi Mi Urai dari Mi Burung Dara. Sikap terdiri dari tiga komponen, yaitu komponen kognitif, afektif, dan konatif. Dalam hal ini dipilih responden yang berusia 20-65 tahun yang berdomisili di Surabaya dan pernah melihat iklan televisi Mi Urai dari Mi Burung Dara selama minimal tiga kali. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Jika dilihat dari komponen kognitif, maka didapat sikap yang positif terhadap pesan dalam iklan televisi Mi Urai dari Mi Burung Dara. Pada komponen afektif, juga menunjukkan hasil yang positif. Sedangkan dilihat dari komponen konatif, mayoritas responden menunjukkan adanya sikap yang cenderung untuk tidak membeli produk Mi Urai melalui pesan dalam iklan televisi Mi Urai dari Mi Burung Dara. Maka dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden memiliki sikap positif terhadap pesan dalam iklan televisi Mi Urai dari Mi Burung Dara.


Keywords


Sikap, Pesan, Iklan Televisi, Mi Burung Dara, Masyarakat Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI